Ulasan Mengenai Tes FGD (Focus Group Discussion)

Focus Group Discussion

Proses seleksi penerimaan calon pegawai/karyawan semakin berkembang. Banyak berbagai tahap yang harus dilalui hingga akhirnya dinyatakan diterima sebagai karyawan. Perusahaan atau instansi sangat selektif dalam menyeleksi calon karyawannya demi mendapatkan tenaga yang profesional dan berkualitas. Salah satu tahap ujian yang sedang trend saat ini dan dipakai di beberapa perusahaan adalah FGD Test atau diskusi kelompok.

Sahabat karir akan menghadapi tes FGD? Tidak salahnya untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai tes FGD, agar tahu bagaimana gambaran dalam test ini dan bisa persiapan sebelumnya.

Perihal Tes FGD atau Tes Diskusi Kelompok

Focus Group Discussion
FGD (Focus Group Discussion) atau juga dikenal dengan tes diskusi kelompok adalah sebuah pengkondisian situasi dimana para peserta FGD dikelompokkan dengan jumlah tertentu (antara 5 sampai 10 orang) dengan diberikan satu atau lebih pokok tema bahasan. Dalam tes ini akan diuji kemampuan berdiskusi para peserta dalam menyelesaikan suatu masalah dan bagaimana solusi terbaiknya. Tes FGD ini dipergunakan perusahaan atau instansi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan calon karyawan dalam hal kecepatan memahami masalah, kepemimpinan, teamwork (kerjasama) dan sportifitas.

FGD ini biasanya berlangsung sekitar 20-30 menit dengan didampingi tim penguji yang menilai setiap kemampuan peserta. Pada umumnya tes FGD dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia, namun bagi perusahaan multinasional, bahasa Inggris bisa menjadi bahasa diskusi. Dalam tes FGD ini biasanya tim penguji akan memberikan informasi secukupnya baik lisan maupun tertulis yang berisi sebuah cerita dengan suatu inti masalah dan pilihan-pilihan yang dapat dipilih oleh peserta.

Kemudian peserta diminta untuk memulai diskusi untuk memecahkan masalah tersebut bersama-sama dengan teman diskusi dalam satu kelompok. Biasanya ada yang ditunjuk sebagai ketua dan moderator diskusi. Kemudian semua peserta diharapkan dapat memberikan pendapat, pertanyaan, sanggahan dan solusi penyelesaian masalah atas tema bahasan yang diberikan tim penguji.

Dalam diskusi FGD akan diberikan tema yang biasanya berupa berita terkini mengenai suatu isu, seperti isu politik, ekonomi atau pendidikan. Selain itu juga bisa mengenai situasi dengan perumpaan para peserta merupakan korban suatu bencana dengan diberikan pilihan-pilihan solusi. Setiap peserta diharapkan dapat memberikan pendapat beserta alasannya atas pilihannya tersebut kemudian ditanggapi oleh peserta lain.

Penilaian dalam Tes FGD

ulasan mengenai FGD
Tes FGD atau diskusi kelompok dimaksudkan untuk dapat menilai kemampuan masing-masing peserta dalam menghadapi simulasi masalah. Bagaimana cara peserta memberikan pendapat, sanggahan, pertanyaan dan solusi yang diambil. Peserta sebaiknya bisa berkomunikasi secara efektif dan efisien. Karena ini menjadi nilai plus bagi peserta.
Penilaian terbaik dalam tes FGD adalah peserta dapat memimpin dan mengarahkan diskusi untuk mendapatkan solusi masalah dengan baik, sistematis, efektif dan dapat diterima oleh semua peserta. Sikap yang proaktif sangat dihargai namun jangan terkesan agresif.
Harus diingat dalam tes FGD ini agar menghindari sikap agresif, menjatuhkan pendapat peserta lain secara ekstrim, frontal dan tidak sopan. Sikap pasif atau diam juga merupakan kartu mati dan sangat tidak diharapkan tim penguji.

Tips ketika FGD Berlangsung

fgd
Dalam Tes FGD bersikaplah tenang dan jangan grogi. Jangan takut untuk memberikan pendapat. Sahabat karir harus mempunyai rasa percaya diri. Selain itu sangat penting dalam pengusaan materi yang menjadi tema pokok bahasan.
Sahabat karir harus bisa mengemukakan pendapat secara bijak dan langsung kepada inti pokok bahasan. Sikap bicara yang sopan dan dengan arah pandang yang mantap pada peserta lainnya. Jangan melalukan gestur tubuh seperti gerak ikutan tangan atau mimic muka yang berlebihan. Lakukan seperlunya saja. Jangan lupa juga berpenampilan rapi, berpakaian rapi dan bersih. Dan yang paling penting pertahankan pendapat sahabat karir, namun harus menghargai pendapat peserta lain.

Cukup sekian ulasan mengenai tes FGD (Focus Group Discussion). Semoga bermanfaat bagi sahabat karir. jika sahabat karir sedang mencari informasi mengenai tips wawancara kerja, tips psikotes dan berita lainnya, silahkan lihat disini .

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.