Tips-Tips yang bisa kamu lakukan ketika menjadi karyawan baru

ketika menjadi karyawan baru

ketika menjadi karyawan baru

Apa yang ada dipikiran teman-teman ketika menjadi karyawan baru? Apakah takut, gugup, atau grogi? Atau nggak tau apa yang harus diakukan? Jangan-jangan ada yang sampai nggak bisa tidur atau nggak doyan makan ya?

Sebagai seorang karyawan baru, mungkin ada sabahat karir yang memiliki perasaan takut, gugup atau grogi dengan lingkungan barunya yang tampak asing. Terlintas dipikiran berbagai macam hal-ha negatif yang mungkin bisa terjadi pada sahabat karir, entah itu bos atau senior yang galak, atau rekan kerja yang nggak welcome, atau lingkungan kerja yang ngga nyaman. Hal Jadi apa yang harus dilakukan??

Tenang sahabat karir, mungkin semua karyawan baru mengalami perasaan seperti itu. Bingung bagaimana harus bersikap sebagai karyawan baru. Memang hal-hal tersebut umum dan wajar terjadi pada kamu sebagai karyawan baru karena kamu mulai memasuki tempat baru yang belum kamu ketahui situasinya dan rekan-rekan baru yang belum pernah kamu temui. Tapi jangan terlalu khawatir, buang hal-hal negatif dipikiranmu karena penulis punya solusinya untuk sahabat karir semua. Nah, kali ini penulis akan berbagi tentang tips-tips yang harus bisa lakukan ketika menjadi karyawan baru.
Tips-Tips yang bisa kamu lakukan ketika menjadi karyawan baru
tips ketika menjadi karyawan baru

Ini dia tips-tips yang harus bisa lakukan ketika menjadi karyawan baru.

Perkenalkan dirimu kepada rekan-rekan barumu

ketika jadi karyawan baru
Inilah hal pertama yang harus kamu lakukan. Disitu kamu merupakan orang asing sampai kamu mengenalkan dirimu. Memperkenalkan diri sama dengan menunjukkan keberadaanmu. Bahwa kamu telah menjadi bagian dari diperusahaan tersebut.

Bersikaplah ramah pada siapapun

yang bisa dilakukan untuk karyawan baru
Tunjukkan attitude yang baik. Meskipun mungkin rekan kerja barumu orangnya jutek, tetap bersikaplah ramah. Bagaimanapun juga kamu bisa dibilang junior dan dia seniormu. Meskipun hanya tersenyum dan menyapa “selamat pagi!”atau “Mari pak/bu!”. Percayalah itu nggak akan berlangsung lama jika kamu bisa mengambil hati mereka. Pelajari karakter mereka dan coba cari cara untuk mendekatinya. Orang yang pertama kali terlihat jutek mungkin adalah orang yang akan membantumu dalam berproses di perusahaan tersebut.

Cobalah untuk membuka pembicaraan dengan rekan kerja

karyawan baru
Jangan ragu untuk membuka pembicaraan dengan rekan kerja barumu. Hal ini untuk menunjukkan keberadaanmu diperusahaan tersebut Cobalah mendekati mereka agar kamu nantinya juga bisa diterima sebagai rekan mereka. Kamu bisa tanyakan apa saja yang kamu belum ketahui tentang perusahaan tersebut.

Selalu on time dalam hal apapun

tips menjadi karyawan baru
Hal ini juga harus kamu lakukan, baik dalam datang ke kantor ataupun dalam deadline tugas. Karena kalau kamu nggak membiasakan diri untuk on-time, bisa jadi kamu akan mengganggu atau menghambat pekerjaan orang lain.

Cobalah untuk menerima masukan dari bos atau rekan kerja tentang hasil kerjamu

tips karyawan baru
Saran atau masukan sangat penting bagi kamu karena dari situ kamu akan bisa berproses untuk menjadi lebih baik. Bersikaplah terbuka atas semua saran dan jangan bersikap keras kepala.

Tunjukkan kompetensimu dan bekerjalah secara profesional.

menjadi karyawan baru
Ternyata bersikap ramah saja tidak cukup. Cobalah untuk menunjukkan kompetensi dan bekerja secara profesional dan tetap rendah hatii. Hal ini sangat penting untuk dilakukan Jika kamu bisa bekerja secara profesional, rekan kerja atau bahkan bosmu akan menyukaimu. Jika sudah begitu, mereka tidak akan ragu untuk mempercayakan sebuah pekerjaan kepadamu karena kamu dianggap mampu diandalkan.

Nah, itu tadi tips-tips yang harus bisa lakukan ketika menjadi karyawan baru. Semoga bermanfaat buat sahabat karir yang sedang mencari kerja atau sedang menyandang status sebagai karyawan baru. Selamat berkarir! Untuk melihat tips-tips kerja lainnya, bisa mengunjungi disini

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.