Tips Mudah Mengerjakan Tes Kraepelin

tes kraepelin

Sahabat karir tentu sudah tidak asing lagi dengan tes kraepelin. Ya di setiap perusahaan yang menjadikan psikotes sebagai salah satu tahapan tesnya, terdapat tes kraepelin yang menjadi bagian dari psikotes tersebut. Ingin tau Tips mudah mengerjakan Tes Kraepelin? Disimak ya!

Tes Kraepelin merupakan salah satu jenis tes yang diciptakan oleh seorang psikiater jerman bernama Emilie kraepelin pada tahun 1856 – 1926. Dalam perkembangannya, tes ini digunakan oleh sebagian pihak dalam rangka mengetahui bakat yang dimilki untuk penempatan kerja.
Menurut Anne Anastasi (Psychological Testing), tes Kraepelin merupakan sebuah ‘Speed Test’. Dengan ciri utama dari sebuah speed tes adalah tidak adanya waktu yang cukup untuk menyelesaikan semua soal. Jadi pada tes ini, testee memang tidak diharapkan untuk dapat menyelesaikan sepenuhnya setiap jalur.
tes kraepelin

Tes kraepelin ini bertujuan untuk mengungkap ketelitian, kecepatan, kestabilan dan ketahanan kerja. Tes ini terdiri dari gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Peserta tes diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya. Cara penjumlahan angka pada tes kraepelin ini adalah dari bawah ke atas. Bila penjumlahan tersebut terdiri dari dua angka, Anda hanya cukup menuliskan angka belakangnya saja. Misalnya, 8+6=14, cukup ditulis angka 4 nya saja. Bila mendengar perintah untuk pindah, segera berpindah dari kolom terakhir hasil kerjaan anda, kemudian lanjutkan penjumlahan pada kolom berikutnya(sebelah kanan).

Yang diukur dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan. lalu bagaimana sih tips mudah mengerjakan tes kraepelin?, berikut akan diulas penulis mengenai tips mudah mengerjakan tes kraepelin :

Tips Mudah Mengerjakan Tes Kraepelin

1. Tips tes kraepelin ini adalah tenaga, kondisi fisik dan pikiran yang sehat dan segar. Sehari sebelum tes, usahakan jangan begadang. Persiapkan fisik sebaik mungkin dengan sarapan dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi sahabat karir.
2. Jangan menggunakan pensil mekanis dalam tes ini, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkan di-reload ketika ujung granitnya habis, mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 1 detik. Apabila Anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti Anda telah kehilangan waktu 5-10 detik. Waktu yang terbuang percuma bukan? Padahal dengan waktu tersebut, sahabat karir bisa menggunakannya untuk mengerjakan penjumlahan angka berikutnya. Maka dari itu, gunakanlah pensil biasa (pensil 2B) atau pulpen saja. Namun pastikan juga ujung pensil sudah lancip atau pulpen berfungsi dengan baik.
3. Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan sahabat karir memaksakan diri di awal tes namun tergopoh-gopoh di pertengahan dan akhir tes. Karena yang dinilai tes kraepelin ini adalah kestabilan dalam pengerjaan penjumlahan angka di setiap kolomnya, bukan banyaknya angka yang dijumlah hingga baris paling atas. Kendalikan diri sahabat karir untuk menghemat tenaga.
4. Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan itu berarti justru membuang waktu dan membuat grafik penjumlahan anda tidak alami.
5. Hal yang paling penting dari keseluruhan tes kraepelin adalah konsentrasi. Terkadang sahabat karir akan merasa blank pada pertengahan tes, namun Anda harus bisa bangkit dan fokus lagi pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Konsentrasikan dulu ke pengerjaan tes kraepelin ini, jangan memikirkan hal-hal lain yang bisa membuyarkan konsentrasi.
6. Cermat dan teliti pada setiap angka yang dijumlahkan. Jangan sampai kelompatan angka, karena akan berpengaruh pada angka-angka berikutnya.
7. Perbanyak latihan mengerjakan jenis tes ini. Sahabat karir dapat membuat sendiri lajur-lajur angka, kemudian minta bantuan teman untuk menghitung waktunya pengerjaannnya. Sering-seringlah latihan menjumlahkan angka. Dengan banyak latihan, Anda akan terbiasa menghadapi tes kraepelin ini.
Berikut contoh penghitungan hasil penjumlahan tes kraepelin :
mengerjakan tes karepelin

baca juga artikel lain seperti membuat CV yang baik disini

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.