Tips Memilih Lowongan Kerja di Internet Agar Terhindar Dari Informasi Hoax

TIPS MEMILIH LOWONGN KERJA DIINTERNET

TIPS MEMILIH LOWONGN KERJA DIINTERNET
Seriring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, penggunaan internet telah menjadi sebuah gaya hidup. Kegiatan apapun bisa dilakukan melalui internet. Misalnya saja jual beli barang dan jasa secara online, bertukar informasi melalui internet, dan masih banyak lagi. Semua informasi sangat mudah didapatkan dengan cara berselancar pada dunia maya tersebut. Tak terkecuali dengan informasi lowongan kerja.

Ribuan informasi lowongan kerja terupdate dapat dengan mudah ditemukan hanya dengan berselancar didunia maya tersebut. Banyak sittus-situs penyedia informasi lowongan kerja yang mudah diakses dan tentu saja gratis. Berbagai lowongan kerja dari instansi pemerintah atau swasta, perusahaan nasional atau multinasional semua mudah dicari. Mencari lowongan kerja pun kini tak harus bersusah payah datang ke biro-biro penyedia informasi lowongan kerja ataupun berlangganan koran.
lowongan kerja

Namun ternyata, informasi-informasi yang ada diinternet tidak semuanya benar. Ada informasi-informasi yang tidak benar atau biasanya disebut informasi “hoax”. Misalnya saja yang sering terjadi yaitu beredarnya situs-situs yang menginformasikan tentang akan dibukanya tes CPNS. Tapi ternyata pihak kementrian mengklarifikasi bahwa informasi tersebut tidak benar. Terlebih lagi, penipuan atau kejahatan kriminal atau dikenal dengan istilah “cibercrime” juga marak terjadi diinternet. Untuk itu,sahabat karir harus tetap waspada supaya terhindar dari bahaya kejahatan kriminal di internet. Jadi, sahabat karir harus jeli dalam memilah dan memilih situs lowongan kerja yang terpercaya.Gimana caranya?Nah, sahabat karir harus bisa nih mengetahui tips mencari lowongan kerja di internet agar tidak mendapatkan informasi hoax!

TIPS MEMILIH LOWONGN KERJA DIINTERNET AGAR TERHINDAR DARI INFORMASI HOAX

Memilih Lowongan Kerja di Internet

Ini nih beberapa tips-tips memilih lowongan kerja di Internet agar terhindar dari informasi HOAX. Beberapa tips ini mungkin perlu kamu lakukan agar kamu terhindar dari yang namanya kejahatan dunia maya atau bisa disebut dengan “cibercrime”. Simak baik-baik ya ulasan dibawah ini:

Kunjungilah situs-situs terpercaya

Dengan semakin banyaknya situs-situs informasi lowongan kerja di internet, ada baiknya sahabat karir hati-hati dalam memilih. Karena tidak mustahil ada situs-situs kriminal yang berbahaya. Untuk mengantisipasinya, kunjungi situs-situs yang memang sudah dijamin aman seperti JobStreet.com, JobDS.com dan yang lainnya.

Hati-hati dengan situs yang memintamu membayar

Nah, mungkin pencari kerja baru harus waspada dengan hal ini. Jika ada sebuah situs yang tidak terlalu familiar yang meminta untuk membayar sejumlah uang dengan alasan apapun, kamu perlu waspada dan berhati-hati. Bisa saja itu merupakan penipuan.

Cobalah cari tahu info dari teman-temanmu.

Pahami kembali penawaran tersebut! Hal ini perlu kamu lakukan. Jika antara judul lowongan, penjelasan tentang pekerjaan dan penjelasan profil perusahaan yang membingungkan kamu perlu mempertimbangkannya. Apalagi jika menggunakan email berbasis web dengan alamat mum dan bukan alamat email milik perusahaan.

Crosscheck ke website resmi penyedia lowongan kerja

Pilih perusahaan penyedia lowongan kerja yang mempunyai website resmi sehingga kamu bisa mengecek di website resminya. Misalnya saja kamu menemukan informasi disebuat situs mengenai adanya lowongan kerja di pertamina. Nah, kamu crosscheck kebenarannya diwebsite www.pertamina.co.id . Atau kamu bisa langsung bertanya ke call centernya untuk memastikan kebenaran tersebut. Jika benar, maka situs tersebut dapat dipercaya. Namun, jika tidak berarti situs tersebut tidak dapat dipercaya dan untuk kedepannya jangan membuka situs itu lagi karena hanya akan buang-buang waktu mu.

Lihat deadline pendaftarannya

Terkadang ada beberapa situs penyedia informasi lowongan kerjadi internet yang tidak terupdate. Jadi ketika kamu menemukan sebuah informasi lowongan kerja, bisa saja informasi tersebut telah usang. Hal ini harus kamu lakukan: lihat deadline pendaftarannya!

7 SITUS PENYEDIA INFORMASI LOWONGAN KERJA TERPOPULER DAN TERPERCAYA DI INDONESIA

tips memilih lowongan kerja

Selain memberikan tips-tips mencari informasi lowongan kerja, penulis juga akan berbagi informasi tentang situs-situs penyedia informasi lowongan kerja terpopuler dan terpecaya di Indonesia. Apa saja? Lihat daftar dibawah ini:

1. JobStreet.com
Jobstreet.com ada diperingkat pertama sebagai situs lowongan kerja dan peringkat ke-122 disitus terpopuler se-Indonesia. Hal ini menunjukkan situs tersebut sangat populer dan terpercaya. Situs ini telah memiliki aplikasi mobile.Untuk bisa melamar kerja langsung lewat jobstreet.com, sahabat karir harus daftar jadi anggota. Tapi jika hanya ingin browsing tentang lowongan kerja, sahabat karir tidak perlu daftar .

2. JobsDB.com
Situs ini ada diperingkat kedua sebagai situs populer untuk mencari kerja dan peringkat ke-216 disitus terpopuler se-Indonesia. Situs JobsDB juga memiliki aplikasi mobile.

3. Loker.web.id
Situs lokerweb.id ada diperingkat ke-922 diIndonesia sebagai situs penyedia lowongan kerja. Tipe pekerjaan dan informasi gaji yang ditawarkan juga bisa dilihat tanpa perlu mendaftar.

4. Careerbuilder.com

Situs buatan Amerika Serikat ini merupakan situs terpopuler peringkat ke-1162 se-Indonesia. Dalam situs ini, ada beberapa pilihan kata kunci seperti posisi/nama perusahaan, lokasi perusahaan, kategori pekerjaan serta lama postingan lowongan tersebut. Disitus ini sahabat karir bisa mengetahui gaji yang ditawarkan oleh perusahaan tanpa perlu mendaftar keanggotaan.

5. Karir.com
Situs karir ini ada diperingkar ke-1359 se-Indonesia dan diakuisisi oleh EMTEK Group. Dengan situs ini, lowongan kerja yang diinginkan bisa dicari hanya dengan memasukkan kata kunci seperti nama perusahaan atau posisi, lokasi kerja, dan rentang gaji. Misalnya saja poisi teknik sipil di bandung dengan gai minimal 5 juta dan maksimal 10 juta.

6. Job-like.com
Situs Job-like.com ini ada diperingkat ke-1747. Situs ini banyak memberikan informasi tentang lowongan kerja bumn dan lowongan kerja cpns

7. Jobindo.com
Situs Jobindo.com ada diperingkat ke-2962 di Indonesia. Nah, kita bisa memasukkan lamaran kerja lewat situs ini.

CARA MELAMAR PEKERJAAN MELALUI INTERNET

lowongan kerja diinternet
Nah, setelah kamu menemukan kebenaran informasi lowongan kerja yang diinformasikan dan kamu ingin segera mendaftar, lakukan langkah-langkah dibawah ini

1. siapkanlah berkas berkas seperti Surat lamaran kerja, CV, ijasah, traanskrip nilai, foto 4×6 max 100 kb, foto seluruh badan, KTP untuk keperlun mengisi data pada saat melamar.

2. Jika semuanya sudah dipersiapkan, lansung kunjungi website resmi penyedia lowongan kerja kemudian klik daftar/apply.

3. Disitu, kamu diminta untuk mengisi data yan diperlukan oleh perusahaan. Nah disitulah berkas-berkas tadi digunakan. Biasanya pelamar diminta untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, no KTP, no HP, no Ijasah, IPK, email serta tak lupa upload foto dan lain-lain

4. Nah, setelah semua data diisi, kemudian klik “kirim”

5. Setelah itu, tinggal tunggu pengumumannya. Pengumuman lolos atau tidaknya bisa saja melalui website resmi, email, atau sms. Jadi pantau terus website dan emailmu.

Itu tadi beberapa tips memilih lowongan kerja di Internet agar terhindar dari informasi HOAX yang bisa penulis bagi kepada sahabat karir semuanya. Semoga memberikan manfaaat bagi sahabat karir semuanya. Semangat dan salam sukses! Untuk tips-tips kerja lainnya, silahkan kunjungi disini.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.