TIPS LOLOS SELEKSI KERJA DI ALFAMART BAGIAN OFFICE

tips lolos seleksi kerja di alfamart

tips lolos seleksi kerja di alfamart

Hallo sahabat karir. bagaimana kabarnya semua. Kali ini saya akan berbagi Tips lolos seleksi tes kerja di alfamart bagian back office. PT.Sumber Alfaria Trijaya,Tbk atau Alfamart merupakan perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari.
PT.Sumber Alfaria Trijaya,Tbk didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga. Dan hingga saat ini PT.Sumber Alfaria Trijaya memiliki toko sebanyak ±5.670 toko (November 2011) yang tersebar hampir diseluruh Indonesia dengan kantor pusat (Head Officer) PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk berkedudukan di Jl.MH Thamrin No. 9 Cikokol-Tanggerang.

Dengan perkembangan yan sangat pesat tersebut maka tidak sedikit dari masyarakat yang ingin bergabung untuk menjadi bagian dari alfamart. Termasuk penulis.:)
Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi pengalaman dan tips lolos seleksi tes kerja di alfamart bagian back office.

awal mula saya diterima kerja di alfamart ialah dari info jobfair di semarang. disitu ada banyak informasi mengenai lowongan kerja. termasuk lowongan kerja di alfamart bagian office. berhubung saya memenuhi syarat yang ditentukan, saya pun mendaftar. Tahapannya antara lain Tes administrasi, Psikotes, Interview awal, Interview User.

Tahapan Seleksi Tes Alfamart

1. Seleksi Administrasi

Pada Tahapan ini peserta disuruh untuk mengirimkan berkas langsung ke DC (Distribution Central), lokasinya di semarang. DC semarang tepatnya di daerah kawasan industri tugu wijaya kusuma no 1, randu garut, semarang. waktu itu saya titipin saja langsung ke satpam biar cepet.:). setelah 2 hari saya mendapat panggilan untuk tes tahap selanjutnya, yaitu psikotes. tips untuk lolos seleksi administrasi ini terbilang cukup mudah, yaitu harus melengkapi berkas dari syarat yang ditentukan. walaupun syarat terbilang mudah, namun kudu dipahami betul jangan sampai keliru ataupun salah.

2. Psikotes

setelah lolos administrasi, tahapan tes berikutnya adalah Psikotes. seperti psikotes pada umumnya, soalnya berupa tes koran, tes verbal dan serangkaian psikotes lainnya
baca : contoh – contoh soal psikotes.
tesnya dari jam 8.00 wib – 16.00 wib. dan pada hari itu juga langsung diumumin lolos atau tidaknya. dan alhamdulillah saya lolos. kemudian untuk yang lolos langsung ke tahap tes interview awal. tips yang dapat saya bagikan agar lolos psikotes ialah perbanyak latihan tentang psikotes, kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan soal tes.

3. Interview Awal

Pada Tahapan ini peserta ditanya mengenai motivasi apa masuk alfamart,kelebihan dan kekurangan, seputar keluarga, kuliah, dan lain sebagainya. pertanyaan pada interview awal ini tergolong cukup mudah. karena biasanya interviewer berasal dari psikolog. jadi pertanyaannya tentang personal. dan saya lolos ke tahap tes interview user. owh iya, tips untuk lolos interview awal tadi ialah tenang dan jangan gugup, jawab dengan jujur. karena jika kita berbohong, interviewer bakalan tau.

4. Interview User

tidak disangka saya lolos di tahapan akhir atau interview user. tahapan ini adalah yang paling sulit karena interviewr berasal dari pimpinan cabang atau manager yag nantinya akan menjadi atasan dimana kita bekerja. jadi pertanyaannya cukup banyak dan lebih detail. waktu itu saya mendaftar di bagian finance, pertanyaannya seputar pembukuan, gimana cara membuat pembukuan. berapa gaji yang diinginkan, pengetahuan mengenai seputar perusahaan. tips yang dapat saya berikan ialah pahami dulu profil perusahaan yang dituju, ruang lingkup pekerjaan, visi dan misi perusahaan dan sebagainya.

baca juga : tips menghadapi interview user

setelah selesai tes interview user, pengumuman akan diumumkan selama 3 hari kemudian. bagi yang lolos akan ditelfon oleh pihak panitia dan disuruh melengkapi berkas serta tanda tangan kontrak kerja. alhamdulillah, senang sekali saya lolos. dan saya sekarang ditempatkan didaerah alfamart cabang kendal.
mungkin itu yang dapat saya sampaikan mengenai Tips lolos seleksi tes kerja di alfamart bagian back office. semoga bermanfaat

2 I like it
1 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.