Tips Jitu dalam Persiapan Wawancara Kerja Agar Lolos

wawancara kerja

Untuk bisa lolos wawancara kerja, teman-teman jobseekers kudu dibuat betul-betul dalam persiapan wawancara kerja, ya tujuannya sih tak lain dan tak bukan ialah agar lolos. Mempunyai pekerjaan ialah idaman dari setiap orang, apalagi diterima kerja di tempat yang menjadi cita-citanya. Bahagianya berlipet-lipet. Kenapa kita kudu bekerja? Ya alasanya banyak, antara lain dan tidak bukan untuk mendapatkan uang itu sudah pasti sehingga kita dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari, ada juga yang bekerja untuk mendapatkan jabatan atau kedudukan supaya lebih dihormati dan disegani, ada juga yang mereka bekerja untuk membahagaiakan orang yang dicintainya, dan masih banyak lagi.

Perasaan senang dan bahagia setelah berhasil menyelesaikan studinya di kampus, tapi teman-teman jangan terlaru larut dlam euforia, karena apa, kita masih kudu berjuang untuk bersaing dalam memperoleh pekerjaan yang kita inginkan. Menjadi sebuah beban mental tentunya bagi kita yang baru lulus menyelesaikan studinya tapi belum mendapatkan pekerjaan menanggapi pertanyaan dri teman,tetangga bahkan sudara, dah kerja belum?, sekarang kerja diaman?kok sering banget dirumah?…sangat menjengkelkan ya teman-teman?tapi gak papa, itu bagian dari kisah perjalanan kita yang bakal kita ceritain ke anak cucu kita ketik sudah sukses nanti:D
wawancara kerja

Bekerja itu berat bagi sebagian orang yang belum pernah bekerja sebelumnya atau belum pernah melakukan kerja part time. Tapi kalau dah terbiasa sih ya fine fine aja. Dalam test seleksi kerja diantaranya terdapat beberapa seleksi antara lain seleksi administrasi, test kemampuan dasar, psikotest, Forum Discustion Group (FGD), wawancara kerja, test kesehatan. Nah kali ini saya mau sedikit berbagi mengenai tips jitu persiapan wawancara kerja agar lolos.

Tips Jitu dalam Persiapan Wawancara Kerja Agar Lolos

Wawancara kerja ialah salah satu bagian dari seleksi penerimaan pegawai baru, sebagai pertimbangan diterima dan tidaknya, cocok atau tiaknya si pelamar dalam mengisi jabatan yang dibutuhkan. ya tidak semua instansi atau institusi memakai test wawancara kerja dalam memilih atau menyeleksi kandidat pegawai baru. Bagi yang belum berpengalaman, wawancara kerja bakalan jadi momok yang mengerikan, jadi bagi teman-teman yang dah lolos seleksi dan mau menuju test wawancara kerja, kudu dilakukan persiapan wawancara kerja betul-betul biar gak mengecewakan alias lolos. Berikut langkah-langkah dalam persiapan wawancara kerja, silahkan disimak betul-betul :

Check lokasi test wawancara

Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi atau psikotest pasti teman – teman dapet pemberitahuan mengenai test wawancara kerja entah itu melalui email, sms, telephone, atau diumumin di papan pengumuman ( hehe model klasik kalau itu). Nah setelah tau dimana nama lokasi test wawancara kerja dimana, teman-teman baiknya langsung ke TKP buat ngechek langsung tempat wawancara kerja satu hari sebelum pelaksanaan, pertimbangannya sih ya tentang jarak lokasi, macet atau gaknya, bisa nyari jalur alternatif biar cepat sampai lokasi tujuan dan biar gak nyasar, ntar takutnya nyasar ke KUA malah,,haha (ngebet kawin):P. Bagi yang pelamar yang rumahnya jauh dari lokasi test wawancara kerja, saya saranin mending datang sehari sebelum pelaksanaan.

Persiapkan psikologi dan Fisik yang bagus

Teman-teman yang belum pernah melakukan test wawancara kerja, pasti bakalan rasain yang namanya grogi atau nervous. Makanya kudu dipersiapkan psikologi dan fisik yang prima, diantaranya denga meminta doa dan restu orang tua supaya dimudahkan. Doa orang tua apalagi doa ibu itu manjur banget lho, makanya jangan disepelekan…:). Doa merupakan kekuatn yang bagus untuk membangun mental yang kuat sebelum menjalani test wawancar kerja. Olahraga yang teratur serta makan makanan yang bergizi juga bagus buat menjaga kebugaran tubuh supaya tetap prima.

Bawa kelengkapan berkas yang dipersyaratkan

Penting banget nih temen-temen membawa kelengkapan berkas saat wawancara kerja, jangan sampai ketinggalan satu pun, karena apa, jika teman-teman kelupaan membawa salah satu kelengkapan berkas, maka si pewawancara bakalan ngecap pelamar itu sebagai orang yang tledor atau tidak teliti. Akibatnya sangat fatal lho teman-teman, apalagi kalau sedang wawancara kerja di bagian keuangan, yang seharusnya membutuhkan pegawai yang teliti d cektan, maka harus diteliti dengan benar ya.

Membawa surat lamaran serta Curiculum Vitae (CV) yang jelas

Surat lamaran kerja dan Curiculum Vitae (CV) digunakan oleh pewawancara sebagai bahan untuk menilai dan menganalisis pelamar apakah sudah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan diperusahaan atau instansi. Sehingga perlu disiapin secara detail dan jangan dibuat-buat, sesuai dengan keadaan saja. Sipewawancara bakalan tau kalau ada yang dibuat-buat, jadi mending sesuai apa adanya aja. Satu lagi nih biar gak lupa, jangan lupa disertai tanda tangan dalam surat lamaran, kadan kesalahan kecil seperti itu akan berakibat fatal.

Bawa pas foto terbaru dan sertifikat

Pas foto sebaiknya kurun waktu maksimal 6 bulan yang lalu, hal ini dilakukan oleh pewawancara untuk mengechek foto dengan aslinya itu mirip apa gak, jadi ya kasih foto yang baik dan formal ya jangan foto yang alay,,hehe. Untuk sertifikat lainnya juga bagus juga sebagai data pendukung, misal sertifikat komputer (microsoft office, pemrograman,dll), bahasa inggris atau bahasa mancanegara lainnya, accounting, dll sesuai dengan kebutuhan perusahan/instansi yang dilamar.

Pahami betul apa yang menjadi potensi diri sendiri dan posisi yang dilamar

Dalam wawancara kerja, teman-teman kudu paham betul tau mengenai potensi diri,apa kelemahan dan kelebihan yang kita miliki serta posisi yang sedang dilamar. Tujuannya ialah menyakinkan kepada pewawancara bahwa ini lho pelamar yang cocok buat ngisi jabatan ini. Gak jarang juga lho pewawancara menanyakan soal kepribadian, kelebihan dari si pelamar dan tugas dari posisi yang dilamar dan tanya seputaran posisi yang dilamar, bisa tentang tugasnya atau lainnya. Jadi persiapin betul-teul ya temen-temen.

Melatih berbicara supaya lancar.

Bagi seorang yang aktif di organisasi atau sudah punya pengalaman dalam test wawancara kerja, pastinya tidak akan menemui kendala, tapi kalau belum ada pengalaman ya susah juga sih. Tapi itu bisa diatasi dengan latihan terus menerus. Misalnya dengan berbicara menghadap ke cermin atau mengajak teman sebagai pewawancara, ya walaupun nanti dikira kaya orang gila, tapi hal itu tujuannya untuk ngelatih mental kita supaya lancar berbicara dan tetap percaya diri dihadapan pewawancara. Bisa dibayangin ketika kita gak pede pas lagi wawancara kerja, jawaban kita pasti bakal ngelantur atau ngomongnya bakalan kesendat-sendat gak karuan.
tips jitu wawancara kerja

Mungkin itu saja dulu ya teman-teman tips jitu dalam Persiapan Wawancara Kerja Agar Lolos yang dapat saya sampaikan, untuk diartikel selanjunya saya akan kasih tips test wawancara kerja . mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan sehingga dapat membahagiakan orang yang kita cintai. Saya doakan semoga teman-teman semua lekas diterima kerja. Aminnnnn….semangat jangan pernah menyerah dalam menggapai mimpi…you can do it !!!
Wasalam.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.