Ternyata Gaya Menulis Surat Lamaran Kerja Bisa Memperlihatkan Karaktermu Lho!

Gaya Menulis Surat Lamaran Kerja

Gaya Menulis Surat Lamaran Kerja
Dear Sahabat karir, ternyata karaktermu bisa dilihat dari surat lamaran yang kamu tulis lho. Ada yang tanya gimana caranya? Ya tentunya dari gaya bahasa yang kamu gunakan dalam menulis surat lamaran. Gaya bahasa yang kamu tulis bisa lho menunjukkan kamu itu orang dengan kepribadian seperti apa. Ini adalah langkah awal seorang HRD menilai karaktermu.

Jadi sebaiknya jangan pernah mencoba asal-asalan saat menulis surat lamaran kerja. Asal liat format dari temen terus kita ikuti yang bahkan kita belum tahu secara pasti format tersebut benar atau tidak atau asal ada isinya yang mungkin ternyata malah nggak berisi apa-apa. Hati-hati lho, jangan-jangan surat lamaranmu itu langsung dibuang oleh HRD karena jurus asal-asalanmu itu. Banyak lho para pencari kerja yang memasukkan surat lamaran ke banyak perusahaan tapi belum mendapatkan panggilan sampai saat ini.
baca juga : cara membuat surat lamaran kerja yang baik

Trus gimana dong? Nah, sahabat karir harus tahu dulu nih ternyata gaya menulis surat lamaran kerja bisa mmperlihatkan karaktermu lho! Apa saja sih? Nah ini nih ada beberapa tipe karakter yang dapat diketahui dari gaya bahasa yang kamu gunakan ketika menulis surat lamaran kerja. Apa saja sih? Simak artikel ini ya sahabat karir!

Ternyata Gaya Menulis Surat Lamaran Kerja Bisa Memperlihatkan Karaktermu Lho!

Tipe Koleris

gaya menulis surat
Seseorang dengan karakter koleris ini cenderung punya gaya bahasa yang agak agresif.
Orang dengan tipe koleris punya kepribadian yang dinamis. Tipe karakter ini merupakan pekerja keras, punya keinginan kuat, cepat belajar, dan berorientasi pada tujuan.

Tipe Melankolis

menulis surat lamaran kerja
Orang dengan karakter melankolis cenderung punya gaya bahasa yang formal, tata bahasa terstruktur dengan baik, penulisan yang terorganisis, rapi dan cermat. Hampir atau bahkan tidak ada kesalahan dalam penulisan.
Hal ini menunjukkan pandangan bahwa tipe melankolis merupakan orang yang cenderung konsisten.

Tipe Sanguinis

surat lamaran kerja
Orang dengan karakter Sanguinis punya gaya bahasa yang cukup ringan, lincah serta akrab. Meskipun begitu tetap ada kesan formalnya.
Hal ini menunjukkan bahwa tipe sanguinis tergolong orang yang berkepribadian menyenangkan, mudah beradaptasi dan bersosiaisasi serta cenderung berpikir positif.

Tipe Phlegmatis

tipe gaya menulis surat lamaran kerja
Orang dengan karakter Phlegmatis punya gaya bahasa yang tidak terlalu formal.
Hal ini menunjukkan bahwa tipe phlegmatic merupakan orang dengan kepribadian hangat, mampu bekerja secara efisien serta suka bekerja dalam tim.

Nah, itu tadi beberapa karakter yang bisa diketahui oleh HRD dari gaya penulisan surat lamaran kerja yang kamu tulis. Untuk selanjutnya, perusahaan atau HRD tinggal mencocokkan nih karakter yang mana yang bisa cocok dan dibutuhkan oleh perusahaan atau yang cocok posisi yang dibutuhkan.
Namun terlepas dari semua itu, perlu juga sahabat karir ketahui bahwa surat lamaran yang baik itu tetap memiliki beberapa kriteria-kriteria penulisan. Kriteria tersebut diantaranya:

Kriteria Surat Lamaran Kerja Yang Baik!

a. Surat lamaran kerja tetap harus ditulis dengan bahasa formal karena berhubungan dengan sebuah instansi agar tidak terkesan seperti main-main.
b. Surat lamaran kerja sebaiknya disusun secara terstruktur. Mulai dari tanggal, alamat tujuan, salam pembuka, pembuka, isi, dan penutup, serta tanda tangan, semuanya harus terstruktur agar mudah bagi HRD untuk memahami surat lamaranmu.
c. Surat lamaran kerja yang kamu tulis harus rapi. Atur format dengan baik, perhatikan margin dan spasi sehingga tulisanmu tidak terlihat berantakan dan enak dibaca. Jika diketik, pilihlah font tulisan yang jelas seperti yang biasa digunakan yaitu Times New Roman.
d. Alamat tujuan juga harus ditulis dengan benar dan lengkap ya!

Baiklah, itu tadi sedikit gambaran tentang Gaya Menulis Surat Lamaran Kerja yang Bisa Memperlihatkan Karaktermu. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sahabat karir yang sedang memperjuangkan cita-citanya. Tetap semangat ya!

1 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.