Ternyata cara Berjalan saat Wawancara Kerja itu juga Penting dalam Penilaian!

cara berjalan

Dalam melakukan Recruitment pegawai khususnya sesi wawancara kerja, si pewawancara tentu mempunyai banyak sekali keahlian. Mulai dari bisa membaca tulisan tangan, tanda tangan, wajah, pikiran, dan bahasa tubuh. Di artikel ini kami akan membahas tentang bahasa tubuh, ya bisa disebut dengan istilah Body Language. Dari bahasa tubuh itu, pewawancara bisa membedakan pelamar dari cara berjalan.

Saat memasuki ruangan wawancara kerja sering sekali pewawancara melihat bagaimana cara pelamar berjalan memasuki ruangan. Disitu bisa dilihat karakter orang tersebut apakah dia malas, energik, ataukah berjiwa leader. Ya gak bisa dijadikan patokan sih tapi setidaknya ada penilaian lebih ketika kita berjalan dengan bagus ketika memasuki ruangan wawancara kerja.
Berikut pewawancara membedakan bagaimana si pelamar berjalan saat memasuki ruangan wawancara kerja yang berhaapan langsung dengan pewawancara, simak baik-baik :

Tipe Berjalan Saat Wawancara Kerja

cara berjalan

Tipe Pemalas

Ciri tipe pemalas ini cara berjalan gontai, tidak bersemangat. Jika mengenakan sepatu pantofel iramanya berantakan amburadul gak karuan, ketukannya juga gak berirama. Didengar juga gak enak di kuping. Sahabat karir mungkin belum pada paham atau menyadari kalau langkah kaki itu ditur oleh otak. Jika pelamar itu pribadi yang minder, sering merasa ragu-ragu tidak percaya diri, sering takut pada bayangan sendiri atau lagi galau karena putus cinta..:) langkah kakinya pun juga terdengar gak enak kurang berirama. Jika langkah kaki sahabat karir ini maka pewawancara akan beranggapan bahwa anda adalah tipe orang yang malas. Kesan yang ditimbulkan adalah anda sebagai orang yang malas, kurang percaya diri, galau dan sebagainya. Oleh karena pewawancara diberi tugas untuk mencari kandidat pegawai yang baik maka besar kemungkinan yang seperti itu bakalan tidak lolos.

Tipe Ambisius

ambisius
Tipe yang satu ini cara berjalannya sangat cepat. Tapi hati-hati jangan sampe tersandung akhirnya jatuh, kan malu,…:). Jika memakai sepatu Pantofel, iramanya terdengar kurang teratur. Ketukan sangat cepat tapi terdengar mantap. Cepatnya irama ketukan saat berjalan itu menandakan bahwa anda adalah seorang yang suka serba cepat. Pewawancara pasti akan menilai anda sebagai orang yang ambisius. Ya gak semua tipe ambisisus ini jelek bua perusahaan. Bahkan kadang ada posisi tertentu yang membutuhkan orang yang berkearakter ambsius. Seperti posisi marketing atau pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tingkat tinggi. Pribadi ambisius ini terbagi 2 kategori. Ambisius terhadap prestasi kerjanya dan ambisius terhadap nama kepentingan pribadinya semata. Dan perusahaan akan memilih kategori pertama tersebut, yaitu ambisius terhadap prestasi kerjanya. Tapi diteliti visi dan misi kerjanya akan dipaparkan seperti apa. Yang jelas pribadi yang ambisius ini gak terlalu buruk kok buat perusahaan.

Tipe Leader

leader
Nah tipe terakhir ini sahabat karir yang biasa perusahaan cari. Cara berjalan tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat juga. Jika pakai pantofel iramanya didengar telinga merdu sedap sekali kaya lagu terajana aja..:). Cara berjalan seperti ini biasanya dimiliki oleh pelamar yang bersia 30 tahun sampai 45 Tahun. Mereka rata-rata memiliki kepercayaan diri yang bagus, kondisi pikiran yang fresh ( tidak stress apalagi galau soal cinta.:D. Tipe leader ini biasanya mereka dapatkan karena sudah berpengalaman kerja. Tapi di usia dibawahnyapun juga banyak yang sudah matang dalam wawancara kerja. Biasanya mereka mengikuti program private tentang kursus kepribadian

Nah dari paparan saya diatas, pewawancara lebih suka yag tipe ambisius dan Leader dalam wawancara kerja. Semua ini bisa sahabat karir latih. Gak ada yang tidak bisa asalkan ada kemauan yang keras untuk mencoba. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan yang bermanfaat bagi para sahabat karir semua. Semoga lolos test kerja dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Salam.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.