Tahapan Tes Cpns Mahkamah Agung RI tahun 2013

mahkamah agung

mahkamah agung

Mahkamah Agung Republik Indonesia (disingkat MA RI atau MA) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Konstitusi dan bebas dari pengaruh cabang-cabang kekuasaan lainnya. Mahkamah Agung membawahi badan peradilan dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata usaha negara

bekerja di lembaga tinggi negara seperti Mahkamah Agung RI  merupakan impian banyak orang. karena selain berstatus Apartur Sipil Negara ( ASN ) serta gaji yang lumayan. namun untuk dapat diterima menjadi Pegawai Mahkamah Agung RI tidaklah mudah, sahabat karir mesti melewati berbagai tahapan tes yang harus dijalani. pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman penulis sendiri yang diterima bekerja di Mahkamah Agung RI. apa saja tahapan tes cpns mahkamah agung RI tahun 2013. dan mungkin tahapan pada tahun ini tidak jauh berbeda. hanya sekedar sebagai gambaran saja supaya sahabat karir bisa mempersiapkan segalanya.

Tahapan Tes CPNS Mahkamah Agung RI 2013

1. Tes Administrasi

Tes tahap awal ini tergolong cukup mudah, sahabat hanya perlu mencermati baik-baik perintah yang ada di website tentang syarat-syarat dan tata cara melamar. dan pastikan tidak ada yang kurang maupun salah dalam menyusun berkas lamaran. biasanya 2 minggu setelah pengumuman ditutup langsug pengumuman siapa saja yang lolos tes administrasi.

2. Tes Komputer

tes cpns

setelah lolos tes administrasi, tahapan selanjutnya ialah tes komputer. Pelaksanaan tes komputer ini hanya menguji kemampuan peserta tes dalam mengoperasikan microsoft word atau mengetik di Pengadilan Tinggi Jakarta. peserta diminta untuk mengetik surat undangan dengan batas waktu 5 menit secara lengkap dan rapi. waktu itu saya dulu tidak menyelesaikan secara tuntas, namun alhamdulillah lolo. mungkin yang dilihat bukan lengkap atau tidaknya, namun dari segi kerapian. setelah dinyatakan lolos selanjutnya peserta diberi kartu tes untuk tes tertulis. tips yang bisa saya berikan yaitu berlatih mengetik sesering mungkin agar terbiasa. tapi untuk di era sekarang jarang sekali orang yang tidak bisa mengetik dengan komputer.

3. Tes Tertulis

tes cpns mahkamah agung ri

Tes tertulis berisi 2 kompetensi. yaitu tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang. tes kompetensi dasar atau biasa yang disebut TKD ini berisi 3 bab yaitu a)Tes Wawasan kebangsaan (TWK) biasa berisi soal wawasan kebangsaan, nasionalisme dan pengetauan umum lainnya. b)Tes Intelegensia umum (TIU) berisi soal tentang sinonim, antonim, matematika dasar hampir mirip psikotes. c) Tes Kepribadian (TKP) soal tes ini tidak ada benar dan salah, penilaian mutlak menjadi kewenangan panitia tes jadi jangan sampai ada soal yang tidak terjawab. tes kompetensi dasar ini berlangsung dari pukul 08.00 wib – 10.00 wib sekitar 2 jam karena setengah jam digunakan untuk megisi data, dan membagi soal. setelah selesai istirahat dilanjutkan lagi Tes Kompetensi bidang, jumlah sebanyak 100 soal. tes kompetensi bidang ini berisi semua hal tentang bidang yang dilamar. misalnya dulu saya mendaftar juru sita dari ilmu hukum, maka soalnya mengenai hukum. baik itu hukum perdata, pidana, hukum internasional, hukum administrasi negara dan hukum tata negara, semuanya ada. waktu tes di tahun 2013 masih menggunakan lembar jawab komputer (LJK) dalam menjawab soal, namun sekarang sudah menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang diselenggarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan menggunakan komputer jadi lebih mudah dan bisa langsung melihat nilainya.
baca : Persiapan Tes CPN sistem CAT BKN
Tips yang saya berikan sebaiknya sahabat karir mulai berlatih sesering mungkin mengerjakan soal – soal tes cpns. banyak buku dan situs di internet yang membahas masalah soal – soal tes cpns. semakin banyak berlatih maka semakin akan menguasai jenis – jenis soal.

selang beberapa minggu sudah ada pengumuman dari web MA siapa saja yang lolos dan diterima harap melengkapi berkas dan mengirimkan berkas ke MA pusat. mungkin itu yang dapat saya bagikan tentang tahapan tes cpns mahkamah agung RI 2013. semoga dpat bermanfaat bagi sahabat karir semua. tetap semangat.

salam

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.