Cari Tahu yuk Apa saja Tahapan test Assistant Development Program (ADP) BNI Syariah?

BNI Syariah

Tidak sedikit dari para pelamar pekerjaan yang ingin berkarir di dunia perbankan. Khususnya BNI syariah. Hampir setiap ada event Job Fair pasti stand Bank BNI Syariah pasti penuh dengan pelamar dan surat lamaran kerja yang menumpuk. Walaupun dari jurusan yang notabene bukan sejalan sama dunia perbankan. Pasalsnya, persyaratan untuk bekerja di Bank BNI Syariah hampir bisa dari segala jurusan. Ya ada juga yang gak bisa sih.

BNI Syariah adalah lembaga perbankan di Indonesia. Bank ini semula bernama Unit Usaha Syariah Bank Negara Indonesia yang merupakan anak perusahaan PT BNI, Persero, Tbk. Sejak 2010, Unit Usaha BNI Syariah berubah menjadi bank umum syariah dengan nama PT Bank BNI Syariah.
Program penerimaan dari Bank BNI syariah ini salah satunya adalah Assistant Development Program (ADP).

ADP ini merupakan salah satu program BNI Syariah untuk menyeleksi calon karyawannya. Program ini untuk mencari calon karyawan yang nantinya akan ditempatkan di bagian back office, frontliner, dan marketing. Ingin tau bagaimana tahapan seleksinya, berikut pengalaman saya. Check this out!!!

Tahapan test Assistant Development Program (ADP) BNI Syariah

BNI Syariah

Seleksi Administrasi

BNI Syariah dalam membuka lowongan pekerjaan Assistant Development Program dipublish ke berbagai situs internet. Para pelamar kerja disyaratkan untuk mengirim surat lamaran kerja beserta dokumen-dokumen pendukungnya melalui pos ke alamat yang dituju. Waktu yang diberikan sekitar 1 minggu. Setelah batas waktu yang ditentukan, semua dokumen pelamar diseleksi sesuai dengan persyaratan yang BNI Syariah butuhkan. Check dan teliti betul mengenai kelengkapan berkas jangan ada yang ketinggalan satu pun. Pengumuman tahap ini diumumkan dengan menghubungi via telepon si pelamar. Hp kudu tetep standby ya kalau sewaktu-waktu ada panggilan.

Wawancara Awal

Tahapan Test BNI Syariah
Setelah dihubungi via telepon yang mengabarkan jika pelamar lolos seleksi administrasi, keesokan harinya atau kapan diminta untuk hadir di Kantor Cabang BNI Syariah atau tempat test lanjutan dilaksanakan. Tahapan test selanjutnya adalah Wawancara awal. karena ini merupakan bank yang berprinsip syariah, jadi pelamar yang berjenis perempuan diwajibkan untuk berhijab yaa. Mulanya perkenalan terlebih dahulu. isi wawancaranya sekitar kehidupan pribadi, latar belakang pendidikan, hobi, pengalaman organisasi, dan latar belakang keluarga. Selain itu, juga ditanya tentang isi skripsi kita. Sooo, bagi sahabat karir siapkan jawaban garis besar isi skripsi anda yaaa!!! Dan yang paling penting sebelum wawancara berdoa dulu dan jawab dengan tenang, jujur, dan tenang ya guys. 

Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Test ADP BNI Syariah
Satu minggu setelah tes wawancara awal, biasanya pelamar yang lolos akan dihubungi via telepon yang mengabarkan bahwa pelamar lolos ke tahap selanjutnya yaitu tes kemampuan bahasa Inggris. Terkadang banyak juga yang gagal di tahap wawancara awal.Pada tes ini, BNI Syariah menggunakan tes toeic untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris para pelamar kerja. Tes toeic ini menggunakan pilihan ganda, jadi pelamar kerja lebih mudah untuk menjawabnya. Tes nya terdiri dari listening, reading dan structure comprehension. Waktu yang diberikan kira-kira 3 jam. Tips bagi para sahabat karir untuk mengkuti tes ini, banyak-banyaklah latihan soal toeic. Anda bisa mendapatkannya di internet atau buku-buku yang terjual di toko buku. Selain itu banyak mendengarkan kaset percakapan bahasa Inggris atau lagu-lagu barat untuk meningkatkan skill listening bahasa Inggris sahabat karir yaa.

Psikotes dan Wawancara Psikolog

Setelah beberapa hari biasanya kurang dari seminggu. Peserta yang dinyatakan lolos berhak untuk mengikuti psikotes dan wawancara psikolog. Dihubungi via telephone atau Sms. Tips untuk menghadapi tes ini, istirahatlah yang cukup sehari sebelumnya dan sarapan yang cukup paginya yaa. Karena tes ini memakan waktu yang cukup lamaaa, hahaha. Psikotes ini terdiri dari berbagai macam sub test antara lain sinonim kata, padanan hubungan kata, hitungan matematika dasar, deret hitung, tes menghapal kata, bangun ruang, kraeplin test, wartegg test, menggambar pohon dan orang, dan epps. Tes ini untuk mengukur tingkat intelegensi kita dan mengetahui kepribadian kita. Sooo, jawab dengan sejujurnya yaa guys.
Keesokan harinya, para pelamar kerja diminta untuk wawancara dengan psikolog. Wawancara ini ditujukan untuk menyocokkan hasil psikotes pelamar kerja. Dalam wawancara ini, ditanya sekitar kehidupan pribadi, problem solving, kekurangan, kelebihan, motivasi hidup, dsb.
Wawancara User
Setelah waktu yang cukup lama, kira-kira 1 bulan pelamar yang lolos akan dihubungi kembali oleh BNI Syariah yang memberitahukan bahwa pelamar tersebut lolos ke tahap selanjutnya yaitu wawancara user.. Pada tahap ini yang lolos biasanya gak lebih dari 15 orang. Pewawancara yang menyeleksi ialah Kepala Cabang BNI Syariah. Pertanyaan wawancara ini lebih kompleks daripada wawancara awal. Ketika itu, diantaranya ditanya mengenai perbankan, apa yang diketahui tentang BNI Syariah, produk-produk BNI Syariah, motivasi kerja di BNI Syariah, kegiatan di waktu luang, kehidupan pribadi, kekurangan dan kelebihan, kesiapan bekerja, dan komitmen dalam bekerja. Tips untuk menghadapi wawancara user ini tenang, jawab dengan jujur dan tegas, serta pertahankan jawabanmu.

Tes Kesehatan

Jika wawancara user lolos, tes selanjutnya adalah tes kesehatan. Apabila tidak mempunyai penyakit berat, InshaAllah akan lolos pada tes kesehatan ini dan diterima sebagai pegawai untuk posisi Assistant Development Program (ADP) BNI Syariah. tapi ya kudu dipersiapkan dengan matang dan jangan menyepelekan pada tahapan test ini.

Demikian Tahapan seleksi ADP BNI Syariah. Ini sesuai pengalaman tim penulis sendiri ketika sedang menjalani serangkaian test di BNI Syariah, semoga bermanfaat bagi sahabat karir yang hendak melamar Assistant Development Program (ADP) BNI Syariah. Semoga lolos..amin

Salam

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.