Cari tau yuk apa saja Tahapan Test Seleksi di PT INKA (Industri Kereta Api)

mendaftar di INKA

Bagi para jobseeker (pelamar kerja), banyak yang mendambakan ingin bekerja di BUMN-BUMN besar termasuk di PT INKA. Karena bekerja di BUMN, selain mendapatkan gaji yang lumayan besar juga mendapatkan tunjangan-tunjangan dan bonus yang besar. Pada kesempatan ini, penulis akan berbagi pengalaman kepada sahabat karir mengenai apa saja tahapan test di P TINKA, berdasarkan pengalaman pribadi penulis, hehe.

PT INKA (Industri Kereta Api) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang industri kereta api. PT INKA didirikan pada tahun 1981. PT INKA terus mengalami perkembangan, aktivitas bisnis PT INKA yang ada kini berkembang mulai dari penghasil produk dasar menjadi penghasil produk dan jasa perkeretaapian dan transportasi yang bernilai tinggi. Transformasi bisnis yang dilakukan perusahaan mampu memberikan keberhasilan dan mendapatkan solusi terbaik untuk perbaikan transportasi kereta api.

Untuk lebih memajukan perusahaan, PT INKA membutuhkan tenaga kerja yang memiliki moralitas tinggi, energik dan sanggup bekerja keras untuk bergabung sebagai pegawai untuk kegiatan operasional perusahaan. Ingin melamar dan bergabung dengan PT INKA, berikut tahapan dalam seleksi pegawai PT INKA?yuk lihat dibawah..

Tahapan Test seleksi PT INKA (Industri Kereta Api)

mendaftar di INKA

Seleksi Administrasi

Dalam proses seleksinya, PT INKA membuka lowongan pekerjaan yang dipublish ke website resmi PT INKA, www.inka.co.id. Para pelamar kerja diharuskan melengkapi beberapa persyaratan administrasi. Pelamar mengisi aplikasi lamaran secara online melalui website PT INKA. Di dalam pengisian berkas lamaran secara online disertakan soft copy untuk selanjutnya dikirim ke website PT INKA secara online. Jangka waktu yang diberikan untuk pengisian berkas lamaran online ini selama 1 minggu. Hati-hati dalam mengirim berkas lamaran, semua harus diteliti betul dan dipastikan semua sudah lengkap dan benar ya sahabat karir. Pengumuman untuk tahapan seleksi selanjutnya hanya diumumkan melalui website PT INKA. Jadi, tiap hari jangan lupa selalu cek websitenya.

Tes Potensi Akademik (TPA) & Psikotes

Satu minggu setelah pendaftaran melalui online, diumumkan di website peserta yang lolos seleksi administrasi. Pelamar yang lolos tahap ini berhak mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotes. Peserta yang lolos diminta untuk mengambil nomor bukti peserta ujian, satu hari sebelum tes dilaksanakan. Pengambilan nomor ini diambil di Kantor Pusat PT INKA, dengan membawa berkas-berkas fisik lamaran. Keesokan harinya, tes diselenggarakan di GOR Madiun. Satu ruangan GOR penuh dengan peserta yang mengikuti TPA dan Psikotes dari berbagai posisi. Tahap ini dimulai dari jam 8 pagi hingga sore hari. Sooo, sebelum tes peserta diharapkan untuk istirahat yang cukup dan sarapan yang cukup. Karena akan menguras banyak tenaga dan pikiran, hahahaha.
Pagi hari diawali dengan Tes Potensi Akademik. Pada tes ini terdiri dari berbagai sub tes antara lain sinonim antonim kata, padanan hubungan kata, tes penalaran, hitungan matematika, deret hitung, tes bangun ruang, dan tes kemampuan bidang (sesuai dengan bidang masing-masing pelamar). Namun ada juga sedikit soal tes mengenai ilmu alam, jadi seperti ada gambar tentang ilmu mekanik atau teknik gitu. Berhubung saya sekolah dan kuliah di ilmu sosial, jadi saya menggunakan penalaran semampu saya saja, hehe. Ada tes ini mungkin dikarenakan PT INKA bergerak di bidang industri produksi kereta api, jadi calon pegawainya seenggaknya mengerti dasar-dasar ilmu mekaniknya ya.
Setelah TPA selesai, para peserta diberi waktu istirahat 1 jam untuk sholat dan makan sebelum mengikuti psikotes. Psikotes ini terdiri dari tes pauli, wartegg tes, tes menggambar orang dan pohon serta EPPS (tes kepribadian). Tes selesai jam 5 sore. Banyak menguras tenaga dan pikiran juga, haha.

Wawancara HRD

Sekitar 1 bulan setelah TPA dan psikotes, diumumkan melalui website peserta yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu wawancara HRD. Pada wawancara HRD ini peserta diwawancarai oleh dua orang pewawancara. Dimulai dari perkenalan, waktu itu saya diminta untuk perkenalan menggunakan wawancara bahasa Inggris. Wawancara ini berlangsung selama sekitar 15 menit. Peserta diwawancarai mengenai latar belakang pendidikan, isi pembahasan skripsi, kehidupan pribadi, hobi, pengalaman organisasi, problem solving dan kesiapan komitmen kerja bergabung di PT INKA.

Tes Kesehatan

seleksi PT INKA
Peserta yang dinyatakan lolos wawancara HRD berhak mengikuti tes kesehatan, yang pengumumannya melalui website. Jangka waktunya sekitar 1 minggu dari wawancara HRD. Pada tes kesehatan ini sekitar 50 peserta yang lolos dari semua posisi. 1 hari sebelum tes kesehatan, peserta diminta puasa terlebih dahulu. Tes ini terdiri dari serangkaian tes kesehatan, antara lain tes ekg, tes darah, tes urine, paru-paru, buta warna, tekanan darah, usg, tes kesehatan jantung. Tes ini dilaksanakan di laboratorium klinik kesehatan yang bekerjasama dengan PT INKA. Tips untuk tes ini jaga kesehatan, jaga pola makan yang teratur, banyak minum air putih, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup.
Jika semua normal dan dinyatakan sehat, peserta bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu wawancara user (akhir).

Wawancara User (Akhir)

tahapan seleksi PT INKA
Sekitar 1 minggu setelah tes kesehatan, diumumkan melalui website yang lolos mengikuti tes terakhir yaitu wawancara user (akhir). Pada tahap wawancara user (akhir) ini, peserta diwawancarai oleh pewawancara sesuai dengan divisi yang nantinya ditempati oleh peserta yang diterima menjadi pegawai PT INKA. Karena saya melamar posisi staff legal, saya diwawancarai oleh divisi SDM dan Keuangan. Wawancara ini berlangsung selama sekitar 30 menit dengan 2 orang pewawancara. Pada wawancara user ini, peserta mulai dengan perkenalan secara singkat dan jelas. Pertanyaan pada wawancara ini sekitar kehidupan pribadi, pengalaman organiasasi, latar belakang pendidikan, apa yang diketahui tentang PT INKA, motivasi bekerja di PT INKA, komitmen dan tanggung jawab kerja, problem solving, kekurangan dan kelebihan, gaya dan sistem kerja, kemampuan dalam bekerja secara tim, apa yang diketahui tentang posisi yang dilamar, apa tupoksi kerja yang dilamar, dan lain sebagainya. Pewawancara juga akan bertanya seputar ilmu sesuai dengan bidang pelamar.
Tips dalam wawancara user ini jawab dengan yakin, tegas, jujur, kuasai bidang sahabat karir, tunjukkan antusiasme anda untuk bergabung dengan perusahaan.

Demikian ulasan mengenai tahapan tes seleksi di PT INKA. Semoga bermanfaat bagi para sahabat karir semua. jika sahabat karir ingin mencari informasi mengenai tips wawancara kerja dan berbagai tips kerja lainnya. silahkan lihat disini

3 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.