Pertanyaan-Pertanyaan Wawancara Kerja Akuntan yang Sering Muncul!

pertanyaan dalam wawancara akuntan

Halo sahabat karir! Adakah yang lagi mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja posisi akuntan? Sudah dipersiapkan dengan matang? Nggak ada salahnya lho baca artikel ini lebih dulu! Tulisan ini mungkin akan membantumu lebih siap menghadapi wawacara kerja posisi akuntan.
pertanyaan dalam wawancara akuntan
Sebenarnya, menghadapi wawancara kerja diposisi akuntansi mungkin akan sama dengan wawancara kerja lainnya. Karena pada dasarnya, tidak ada patokan pasti tentang pertanyaan-pertanyaan yang bisa muncul saat wawancara kerja. Namun, ada beberapa poin pertanyaan khusus yang perlu sahabat karir catat nih agar wawancara kerja posisi akuntan yang akan sahabat karir hadapi berjalan dengan lancar. Nah, kali ini, penulis ingin sharing nih tentang apa yang penulis tahu tentang contoh pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja akuntan yang sering muncul. Pengen tahu apa saja sih? Simak disini ya!!

Pertanyaan-Pertanyaan Wawancara Kerja Akuntan yang Sering Muncul!
wawancara kerja akuntan

Siapa diri anda?

wawancara kerja akuntan yang sering muncul
Hal ini selalu penting ditanyakan saat wawancara. Pertanyaan seputar siapa anda merupakan pertanyaan yang wajib ditanyakan untuk mengetahui diri anda. Pertanyaan-pertanyaan ini biasa nya tentang:
o Siapa nama Anda?
o Ceritakan tentang diri Anda!
Dari jawaban yang kamu berikan, pewawancara sudah bisa mengetahui karakteristik dirimu. Untuk itu, persiapkan jawaban dengan matang dan cobalah untuk membuat pewawancara terkesan pada pandangan pertama. Jawablah pertanyaan tersebut dengan singkat, padat, dan jelas, serta jangan bertele-tele.

Latar belakang pendidikan.

pertanyaan dalam wawancara kerja akuntan
Hal ini udah pasti ditanyakan saat wawancara. Pada poin ini, pertanyaan yang sering diajukan oleh pewawancara seputar latar belakang pendidikan yaitu:
o Lulusan dari mana serta jurusannya apa?
o Mengapa memilih jurusan akuntansi?
o Aktivitas apa saja yang dilakukan ketika kuliah?
o Organisasi apa yang pernah diikuti?
Disini, pengalaman organisasi tidak terlalu dikupas lebih mendalam karena kemampuan berkomunikasi tidak terlalu menjadi sorotan ketika memilih posisi akuntan

Seputar pengalaman kerja.

pertanyaan dalam wawancara akuntan sering muncul
Pertanyaan yang biasanya muncul yaitu;
o apa saja yang telah kamu lakukan selama ini?
o Biasa membuat laporan apa saja?
o Apa tanggung jawab yang diberikan kepadamu selama bekerja disana?
Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, sahabat karir harus nih mempersiapkannya dengan matang. Sebaiknya, sahabat karir mempersiapkan jawaban yang ada hubungannya dengan posisi yang dilamar.

Seputar keahlian yang berhubungan dengan akuntansi.

Disini, sahabat karir bisa nih mengulas kembali teori-teori yang berhubungan dengan akuntansi. Pertanyaan tentang teori-teori terssebut bisa saja atau mungkin sekali ditanyakan saat wawancara, misalnya saja tentang inventory, piutang, dan teri-teori akuntansi lainnya.

Seputar kelebihan dan kelemahan.

pertanyaan wawancara kerja akuntan yang sering muncul
Untuk menjawab pertanyaan ini, persiapkan kelebihan-kelebihan yang dapat menunjang posisi akuntan tersebut. Jangan menunjukkan kelebihan-kelebihan yang tidak ada hubungannya dengan posisi akuntan.

Contoh:
Saya memiliki kemampuan manajemen waktu yang bagus. Saya merupakan orang yang terorganisir dan saya selalu menyelesaikan pekerjaan saya tepat waktu tetapi saya tidak suka bekerja secara deadline. Karena itu, saya selalu melakukan tugas saya lebih cepat dari jadwal.

Contoh pertanyaan dalam wawancara kerja posisi akuntan

A : Excuse me sir. May I come in?
Permisi Pak, bolehkah saya masuk?
B : Yes, Please, come in and have a seat
Ya, silahkan masuk dan silahkan duduk.
A : Thank you, Sir.
Terima kasih, Pak.
B : Well, my name is Anton. I am the head of the human resource department of this hotel company. How are you this morning?
Baiklah, nama saya Anton. Saya adalah kepala departemen sumber data manusia hotel ini. Bagaimana kabar Anda pagi ini?
A : Very well, sir. Thank you. And you?
Baik Pak. Terimakasih. Bagaimana dengan Bapak?
B : I’m good. So, do you know what are we going to do today?
Saya baik. Jadi, apakah Anda tahu apa yang akan kita lakukan hari ini?
A : Yes, Sir. I was emailed and called by phone in order to have a job interview session from this company three days ago. So, now here, I’m going to be having an interview job session with you.
Ya Pak. Saya di email dan ditelepon untuk mengikuti sesi interview pekerjaan dari perusahaan ini tiga hari yang lalu. Sekarang disini akan mengikuti wawancara kerja dengan bapak.
B : Very well. Can you tell me about yourself?
Baiklah. Dapatkan Anda menceritakan tentang diri Anda?
A : My name is Adinia Wirasti. I’m 23 years old. I graduated from one of famous university in Jogja. I old a bachelor degree in economy. I am a hard worker and have big responsibility. Reading and travelling broadens my knowledge
Nama saya Adinia WIrasti. Saya berumus 23 tahun. Saya lulusan dari salah satu universitas ternama di Jogja. Jurusan saya adalah manajemen hotel. Saya tergolong pekerja keras dan memiliki tanggung jawab yang besar.
B : Ok! Tell me your strength and weaknesses?
Baiklah, Ceritakan kekuatan dan kelemahanmu
A : I have a good time management skill. I am an organized person and I always do my work on time but I don’t like work in deadline therefore I always do my task well ahead of schedule.
Saya memiliki kemampuan manajemen waktu yang bagus. Saya merupakan orang yang terorganisir dan saya selalu menyelesaikan pekerjaan saya tepat waktu tetapi saya tidak suka bekerja secara deadline. Karena itu, saya selalu melakukan tugas saya lebih cepat dari jadwal.
B : In your opinion, what does success mean?
Menurut Anda, apa definisi sukses?
A : In my opinion, success is formed from two things, hard work and consistency.
Menurut saya,, kesuksesan dibentuk dari dua hal, yaitu kerja keras dan konsistensi
B : How do you handle your stress and pressure in your job?
Bagaimana Anda mengatasi stress dan tekanan dalam pekerjaan Anda?
A : I am not a type of person who gets stress easily. I always prioritize my responsibility. I know what I should do. It helps me manage pressure in my job.
Saya bukan orang yang mudah stress. Saya selalu memprioritaskan tanggung jawab saya. Saya tahu apa yang harus saya lakukan. Ini membantu saya memanajemen stress dalam pekerjaan saya.
B : Why should we hire you?
Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?
A : I know that this company needs an employer who has a good qualification and high motivation. I believe that I am qualified for that position. Moreover, I am good at working in a team or individually.
Saya tahu bahwa perusahaan ini membutuhkan seorang pekerja yang memiliki kualisfikasi yang baik dan motivasi tinggi. Saya percaya bahwa saya memenuhi syarat untuk posisi tersebut. Selain itu, saya bisa bekerja dalam tim atau secara individu.
B : Well, it was a great time to have a little talk to you, Adinia. We will announce the result of your interview in a week. Thank you for coming here.
Baiklah. Sangat menyenangkan berbicara dengan Anda, Adinia. Kami akan memberitahukan hasil interview ini dalam satu minggu. Terima kasih sudah datang kesini.
A : Thank you, Sir.
Terima kasih, Pak.

Nah, itu tadi tips-tips dan contoh pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja posisi akuntan yang sering muncul. Semoga dapat membantu sahabat karir dalam mempersiapkan tes wawancara kerja nya. Semoga sukses selalu!

1 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.