PENGALAMAN TES ASTRA GROUP

tes di Astra Group

tes di Astra Group
ASTRA GROUP, mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia mendambakan untuk dapat bekerja di salah satu grup Perusahaan terbesar di Indonesia tersebut. Fasilitas dan benefit yang ditawarkan oleh Perusahaan di lingkungan ASTRA GROUP memang sangat menarik dan menjanjikan kesejahteraan bagi setiap orang. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti tes di ASTRA GROUP yakni PAKO GROUP.
PAKO GROUP merupakan salah satu afiliasi dari PT ASTRA OTOPARTS, TBK yang bergerak di bidang manufaktur komponen otomotif berupa velg (steel maupun alloy). PAKO GROUP sendiri terdiri dari tiga Perusahaan yakni PT PAKOAKUINA, PT INKOASKU, dan PT PALINGDA NASIONAL. Lokasi PAKO GROUP berada di Sunter, Jakarta Utara dan Kawasan Industri Surya cipta, Karawang.

TAHAPAN TES PERUSAHAAN ASTRA GROUP

1. TAHAP ADMINISTRASI

Pada pagi itu berbekal Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Fakultas Hukum UNS dan beberapa dokumen lamaran lainnya, saya memberanikan untuk datang ke Job Fair UNS yang diadakan di Auditorium UNS. Ketika saya berkeliling di tempat Job Fair untuk melihat-lihat beberapa Perusahaan, langkah saya terhenti di stand milik PAKO GROUP. Ternyata PAKO GROUP sedang membuka lowongan bagi lulusan Hukum untuk ditempatkan sebagai Industrial Relation Officer. Saya sedikit ragu untuk mendaftar dengan hanya memakai SKL karena ijazah saya belum keluar (karena memang belum wisuda). Namun setelah saya tanyakan kepada HRD PAKO GROUP yang ada disitu ternyata SKL dapat digunakan selama ijazah belum keluar. Langsung saja saya susun rapi dokumen lamaran saya dan saya serahkan kepada HRD PAKO GROUP untuk dilakukan pemeriksaan administrasi. Dan pada malam harinya saya mendapatkan SMS dari PAKO GROUP yang menyatakan saya lolos tahap administrasi dan sekaligus mengundang saya untuk mengikuti tahap psikotes di hari selanjutnya. Saran saya lengkapilah dokumen lamaran kalian dengan sertifikat-sertifikat yang kalian dapatkan semasa kuliah. Selain itu Perusahaan biasanya juga lebih tertarik pada kandidat yang semasa kuliah aktif mengikuti organisasi baik di dalam maupun di luar universitas. Keikutsertaan pada suatu organisasi menjadi suatu nilai tambah bagi seorang kandidat karena dunia kerja akan identik dengan dunia organisasi yakni dibutuhkan kerjasama tim.

2. TAHAP PSIKOTES

Tahap psikotes diselenggarakan di gedung Fakultas MIPA UNS. Sebelum tes saya diwajibkan untuk mengisi formulir riwayat hidup yang telah disediakan oleh HRD PAKO GROUP. Pada tahap psikotes ini saya dan kandidat lainnya harus menyelesaikan seluruh tes yakni tes pauli, test wartegg, tes papikostik, tes DISC, tes kepribadian, tes menggambar orang, tes menggambar pohon, dsb. Banyak dan melelahkan memang, mungkin itu pertanda PAKO GROUP memang mencari kandidat-kandidat terbaik untuk mengisi jabatan-jabatan yang ada di Perusahaan. Saran dari saya ketika mengerjakan psikotes adalah kerjakanlah sesuai dengan kata hati dan kepribadian masing-masing, karena setiap Perusahaan pasti mencari pribadi yang memiliki kejujuran dan integritas yang tinggi. Sehebat apapun kalian mengakali psikotes pasti akan terlihat ketika kalian menghadapi tes wawancara. Selain itu juga jangan lupa sarapan pagi harinya karena psikotes membutuhkan banyak tenaga dan pikiran untuk menyelesaikannya. Saya langsung bergegas pulang setelah selesai psikotes karena HRD PAKO GROUP akan menginformasikan lolos tidaknya saya ke tahap berikutnya pada malam harinya. Dan benar saja handphone saya berbunyi tanda ada SMS masuk pada malam hari itu. Ketika saya buka ternyata memang dari PAKO GROUP yang menginformasikan bahwa saya telah lolos tahap psikotes dan sekaligus mengundang saya untuk mengikuti tahap wawancara HRD pada keesokan harinya.

baca : jenis – jenis psikotes

3. TAHAP WAWANCARA HRD

Tahap wawancara HRD diselenggarakan di Hotel Ibis Solo. Saya datang sesuai dengan jadwal yang diinformasikan oleh HRD PAKO GROUP. Pada tahap ini saya diwawancarai oleh dua orang HRD PAKO GROUP. Saya ditanya-tanya mengenai apa yang telah saya tulis di formulir riwayat hidup pada tahap psikotes dahulu seperti informasi pribadi, informasi keluarga, informasi pendidikan formal maupun informal, kegiatan organisasi yang diikuti, dsb. Di luar itu saya juga ditanya tentang sejauh mana saya memahami jabatan yang akan saya sandang ketika diterima di Perusahaan. Saran saya untuk tahap ini isilah form riwayat hidup dengan sejujurnya tanpa ada yang dikecualikan. Selain itu juga belajarlah dan galilah informasi mengenai jabatan yang kalian lamar di Perusahaan. Hal itu penting untuk meyakinkan pewawancara bahwa kalian memang pantas mengisi jabatan tersebut. Sekitar dua minggu setelah wawancara HRD tersebut saya mendapatkan kabar gembira karena pihak PAKO GROUP menghubungi saya lewat telepon yang isinya menyatakan saya lolos wawancara HRD sekaligus mengundang saya untuk mengikuti wawancara user pada jadwal yang telah ditentukan.

4. TAHAP WAWANCARA USER

Tahap wawancara user diselenggarakan di kantor pusat PAKO GROUP yakni Sunter, Jakarta Utara. Pada tahap ini saya diwawancarai langsung oleh Direktur Perusahaan. Berbeda dengan wawancara HRD, wawancara user lebih berat karena kita harus dapat meyakinkan user bahwa kita memiliki kemampuan dan kompetensi yang diinginkan oleh Perusahaan. Pertanyaan-pertanyaan pada tahap ini lebih banyak mengarah pada pemecahan masalah (problem solving). Hal itu wajar karena lulusan universitas akan dipersiapkan mejadi seorang pemimpin yang harus mampu memecahkan berbagai masalah yang ada di Perusahaan. Pada tahap tersebut saya juga ditanya ingin mendapatkan gaji berapa dari Perusahaan. Sebagai seorang lulusan baru (fresh graduate) yang belum memiliki pengalaman kerja maka saya memberikan jawaban diplomatis. Jawaban saya adalah “Saya yakin Perusahaan akan memberikan yang terbaik untuk saya ketika saya juga memberikan yang terbaik bagi Perusahaan”. Saran saya pada tahap ini adalah kita harus tampil percaya diri dan tanpa keraguan sama sekali. Seorang user pasti akan lebih memilih orang yang tegas dan tidak bertele-tele. Setelah wawancara selesai saya diminta menunggu beberapa saat oleh HRD PAKO GROUP. Dan ketika HRD PAKO GROUP kembali lagi ke ruangan, mereka menginformasikan bahwa saya telah lolos wawancara user dan mereka menyodorkan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (kontrak) berdurasi enam bulan kepada saya. Setelah saya baca dan pahami klausul dalam kontrak akhirnya saya menandatangani kontrak tersebut yang diikuti pemberian surat pengantar oleh HRD PAKO GROUP untuk melaksanakan tes medical check up di Rumah Sakit Royal Progress, Jakarta Utara. Pada saat itu saya belum sepenuhnya diterima karena ada ketentuan apabila ternyata saya tidak lolos tes medical check up maka kontrak yang telah saya tandatangani tadi batal dan tidak berlaku.

baca juga : tips wawancara user

5. TAHAP MEDICAL CHECK UP

Seperti yang sudah diinformasikan, tes medical check up diselenggarakan di Rumah Sakit Royal Progress, Jakarta Utara. Saya diwajibkan untuk berpuasa dan hanya boleh minum air putih dalam jangka waktu 10 – 12 jam sebelum pelaksanaan tes medical check up. Pada tahap ini saya diharuskan melalui serangkaian tes antara lain tes fisik, tes organ dalam, tes darah, tes buta warna, tes THT, dsb. Saran saya ketika mengikuti tes medical check up adalah kita harus memastikan tubuh kita dalam keadaan sehat, cukup istirahat dan tidak memakan makanan yang beresiko mempengaruhi hasil medical check up. Setelah kurang lebih dua minggu menunggu akhirnya saya ditelepon oleh HRD PAKO GROUP yang menyatakan saya lolos tes medical check up dan secara resmi diterima sebagai karyawan PAKO GROUP.

Saya mulai bekerja pada tanggal 15 Juli 2013, setelah masa kontrak selama enam bulan saya diangkat sebagai karyawan tetap. Tentunya pengangkatan sebagai karyawan tetap tersebut bukan tanpa syarat, kita harus melakukan presentasi dihadapan Kepala Departemen, Kepala Divisi dan juga Direksi Perusahaan. Materi presentasi itu sendiri berupa hal-hal apa saja yang telah saya lakukan selama bekerja dan usulan program-program perbaikan (improvement) yang berguna bagi kemajuan bisnis Perusahaan.
Demikian pengalaman saya dalam Tes ASTRA GROUP yakni PAKO GROUP, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita semua. ingin mencari informasi mengenai tips tes kerja lainya? lihat disini

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.