Pengalaman Lolos Tes PT PLN Tahun 2016

pengalaman lolos Tes PLN Tahun 2016

pengalaman lolos Tes PLN Tahun 2016
Bekerja di Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan impian banyak orang. termasuk saya.:D. ya, karena karir yang bagus serta gaji yang lumayan besar membuat orang tertarik untuk bekerja disana. Tahun 2016 PLN membuka lowongan kerja lumayan banyak formasinya. pengalaman Lolos Tes PT PLN Tahun 2016 menjadi pengalaman yang sangat indah bagi saya. karena di tahun ini saya bisa lolos dan diterima di PT PLN.

Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman Lolos Tes PLN Tahun 2016. untuk dapat diterima kerja di PT PLN. sahabat karir harus melewati serangkaian tes. rangkaian tersebut antara lain Tes administrasi, Test GAT (general aptitude test), Tes kemampuan akademik dan bhs Inggris, Tes psikotes, Tes fisik, Tes laboratorium, Tes wawancara akhir.

gak kebayang kan gimana ribetnya waktu tes kya gimana? tapi yang jelas sahabat karir kudu tetap semangat dan optimis. gak da yang gak mungkin kalau kita mau berusaha dan berdoa. ya istilahnya kalau orang bilang hasil gak akan mengkhianati proses :D. untuk tahapan tes akan saya bahas satu per satu. disimak ya!

TAHAPAN TES PLN TAHUN 2016

lolos tes PT PLN

Test Administrasi

Tahap pertama test ini adalah seleksi Administrasi. Waktu itu rekrutmen dibuka sekitar akhir desember 2015. Pada tahap ini, peserta diharuskan mengirim berkas2 antara lain, Surat lamaran, fotokopi ktp,ijazah, transcript nilai, Surat keterangan belum menikah. Dan smua berkas lainnya dikirim melalui pos. Saat itu saya ikut rekrutmen di Jogjakarta, jd dikirim ke kantor PT PLN Jogjakarta.
Sekitar akhir januari, seleksi Administrasi diumumkan, Alhamdulillah saya lolos tahap selanjutnya, yaitu tes GAT Untuk jurusan non teknik, diadakan tgl 19 Februari 2016. tips yang saya sarankan agar lolos tahap ini ialah memeriksa betul-betul apa yang menjadi persyaratan jangan sampai ada yang kurang, serta jangan sampai terlambat untuk batas waktu yang ditentukan.

Test GAT (general aptitude test)

Tanggal 19 februari 2016, saya mengikuti tes ini yang diadakan di gor UGM. sempet hopeless juga karena waktu itu diperjalanan hujan deras dan macet parah. tapi alhamdulillah bisa datang tepat waktu.Pada tes ini, dibagi beberapa shift, dan saya dapat shift ke 2, jam 12.00 wib. Tes ini terdiri dari tes padanan kata, Antonim, sinonim, bangun ruang, deret aritmatika, hitungan mtka, tes menghafal kata Tes ini sekitar 2 jam, dan diumumkan malam harinya. untuk tips pada tes ini yang dapat saya sarankan ialah untuk memperbanyak latihan. dengan memperbanyak latihan kita akan semakin mahir dalam mengerjakan tes ini. serta untuk menjaga kebugaran fisik dan rohani. perut jangan sampai kosong biar konsentrasi tetap terjaga.

Tes kemampuan akademik dan bahasa Inggris

Alhamdulillah, saya lolos tes GAT dan berhak ikut test Akding (Akademik dan Bahasa Inggris) yg diadakan tanggal 21 Februari 2016. Tes ini terdiri dari tes kemampuan akademik sesuai dengan bidang masing – masing. Karena saya jurusan hukum, soalnya berkisar tentang hukum perusahaan yang terdiri dari 50 soal pilihan Ganda. Selain kemapuan akademik, juga ada tes bahasa Inggris, berupa reading dan structure comprehension, ada 50 soal pil Ganda. Hasil tahap ini diumumkan malam hari melalu website resmi www.PLN.co.id, dan diadakan keesokan harinya langsung. tips yang sarankan ialah dengan mempelajari materi untuk bidang masing-masing. dan untuk tes bahasa inggris haruslah dengan latihan yang rajin. serta persiapan fisik yang bagus agar tetap konsentrasi.

Tes psikotes

lolos PT PLN
Alhamdulillah, saya lolos dan bisa lanjut tes psikotes. tes ini berlangsung sekitar 3 jam an. tempat tes Masih berlokasi di gor UGM Jogjakarta. Tes ini terdiri dari tes Pauli atau yang biasa disebut tes koran, tes menggambar pohon, orang, wartegg tes, dan tes epps (225 soal ttg kepribadian).Tips tes ini kerjakan dengan tenang dan sebelumnya makan yang cukup agar dapat konsentrasi. untuk tips – tips nya bisa dilihat di artikel ini.

Tes fisik

lolos tes PT PLN tahun 2016
Sekitar 2 minggu psikotes, hasilnya pun keluar. Alhamdulillah, saya lolos dan lanjut tes fisik tgl 11 maret 2016 di prodia, Surakarta. Pada tes ini kita sebelumnya disuruh mengisi form tentang riwayat kesehatan. Tes ini trdiri dari tes tensi, tinggi dan berat badan, keseimbangan, tes kesehatan mata dan buta warna, ambeien, bebas tato, fisik badan ( siap2 bugil, hehe) tapi untuk cewek masih pakai daleman.
tips yang saya sarankan ialah memeriksa dulu atau check up terlebih dahulu di laboratorium. supaya kita bisa tahu apa kekurangan kita dan bisa mengantisipasi terlebih dahulu. dan ketika waktu tes akan dapat hasil yang bagus dan lolos.

Tes laboratorium

pengalaman Lolos PT PLN tahun 2016
1 minggu setelah tes fisik diumumkan, Alhamdulillah saya lolos dan lanjut tes laboratorium. Tes ini sblm nya diharuskan berpuasa selama 8-10 jamTes ini terdiri dari, tes ambil darah, tes urine, tes audio, rekam jantung
Disini benar2 dicek semua kesehatan nya,Gak boleh ada kolesterol tinggi, darah tinggi, asam urat, dsb. Karena PLN sangat ketat terhadap kesehatan calon pegawai nya, Karena nanti benar-benar dicover kesehatan nya. dan kebanyakan yang lolos di tes ini orang yang badannya kurus. tapi gak menutup kemungkinan yang gemuk pun bisa lolos asalkan sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan pihak panitia.
Tips tes ini, jaga kesehatan, jaga pola makan, istirahat cukup dan jangan begadang. untuk tes ini hasilnya akan diumumkan Sekitar 2 minggu.

Tes wawancara akhir

pengalaman Lolos PT PLN
Alhamdulillah, saya lolos dan lanjut tes wawancara. Waktu itu diadakan tanggal 9 April 2016 di kantor distribusi, PT PLN Yogjakarta. Pada tes ini diwawancarai oleh 2 pewawancara, 1 dari pihak PLN dan 1 dari psikolog. Pada tes ini diliat kemampuan, kesungguhan dan komitmen kita bekerja di PT PLN. didampingi psikolog untuk membaca kepribadian kita dan menyocokkan degan hasilnya psikotes. Karena saya sudah bekerja, saya benar – benar ditanya tentang pengalaman kerjaku. Apa saja tupoksi, tugas dan tanggung jawab pekerjaan saya. Ditanya juga tentang problem solving, bagaimana mengatasi konflik dan solusi dalam masalah kerja dan tentang kehidupan keluarga dan organisasi ketika kuliah. dan nantinya akan ditanya untuk memilih 3 lokasi penempatan kerja seandainya lolos dan diterima kerja di PT PLN. 3 lokasi tersebut diluar pulau jawa dan Bali. untuk lebih detailnya akan saya bahas di artikel selanjutnya.
Tips nya yang penting tenang, tegas, yakin, dan pertahankan jawaban. dan jawab dengan jujur. karena psikolog akan tau apakah pelamar itu sedang berbohong atau jujur!.

Sekitar 2 minggu lebih, hasil wawancara diumumkan. Dan Alhamdulillah saya lolos dan berhak mengikuti diklat prajabatan PT PLN yang akan dilaksanakan tanggal 16 Mei 2016. rasa senang dan bahagia yang tak terhingga saya bisa diterima di PT PLN. itu td pengalaman Lolos PT PLN tahun 2016 yang dapat saya share ke sahabat karir semua. semoga bisa memberikan kontribusi dan motivasi buat sahabat karir semua dalam menggapai mimpi. tetap semangat dan jangan putus asa. owh iya, untuk informasi mengenai diklat prajab PT PLN akan saya share besok setelah saya pulang dari diklat prajab ya.. doain lancar..:)

Salam

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.