PELAJARI TIPS DAN TRIK WAWANCARA KERJA TERTUTUP INI AGAR BERJALAN LANCAR!

WAWANCARA KERJA TERTUTUP

Salah satu jenis wawancara kerja yang paling umum adalah wawancara kerja tertutup. Disini, seorang pelamar dipanggil satu per satu untuk memasuki suatu ruangan yang bisa dibilang rada menyeramkan. Soalnya, didalamnya udah duduk seseorang yang kelihatan seperti menciutkan nyalimu. Yang membuatmu gemeteran pas diajak salaman Kemudian tambah gemeteran ketika muncul pertanyaan pertama “Siapakah nama Anda?” Jangan langsung grogi ya sahabat karir. Ini baru permulaan.
WAWANCARA KERJA TERTUTUP

Setelah sahabat karir jawab pertanyaan “Siapakah nama Anda?” itu, muncullah rentetan pertanyaan yang seakan-akan membuat kamu sulit buat bernafas.hee Lebay kali ya? Tapi memang ini kenyataan. Setelah kamu selesai jawab satu pertanyaan, disusul pertanyaan lainnya yang nggak berhenti sampai pewawanacara merasa cukup mendapatkan informasi yang diinginkannya.

Tapi, disini kamu sebagai pelamar harus tetap percaya ciri dan bersikap tegap. Bagaimana caranya biar tetap percaya diri? Nah, ada nih tips dan trik wawancara tertutup yang harus kamu pelajari agar wawancara kerja berjalan lancar. Baca nih tips dan triknya!

PELAJARI TIPS DAN TRIK WAWANCARA KERJA TERTUTUP INI AGAR BERJALAN LANCAR!

Pertanyaan-pertanyaan ini nih yang biasanya ditanyakan oleh pewawancara:

Coba ceritakan tentang diri Anda!

trik dan tips wawancara kerja tertutup
Ingat! Ceritakan tentang dirimu, bukan kisah hidupmu. Jangan terbawa untuk menceritakan tentang lika liku hidupmu yang memilukan. Percayalah, pewawancara nggak akan mudah tersentuh! Ceritakan secara singkat tentang pendidikanmu, target jabatan yang ingin dicapai, pengalaman pada bidang yang kamu lamar dan latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan posisi yang kamu inginkan. Itu sudah cukup.
Contoh : Saya adalah lulusan universitas X dengan jurusan manajemen. Saya pernah bekerja di sebagai customer service di perusahaan Y selama 1 tahun. Disitu, saya banyak berhubungan dengan banyak customer jadi banyak sedikitnya saya tahu tentang karakteristik seseorang. Dari situ, saya bisa belajar bagaimana mengatasi masalah dengan customer yang karakteristiknya berbeda-beda. Dan saya melamar di posisi ini karena saya yakin di posisi ini, saya dapat lebih mengembangkan kemampuan saya.

Apa kelebihan yang Anda miliki?

trik sukses wawancara kerja tertutup
Jika membicarakan kelebihan, kamu bisa saja membeberkan seabrek kelebihan yang kamu miliki. Tapi, lebih baik jika kamu menyebutkan kelebihan yang ada hubungannya dengan posisi yang kamu inginkan. Tapi tetap harus rasional ya. Misalnya, posisi yang anda daftar ialah akuntan mengenai masalah keuangan di perusahaan, dan kelebihan anda adalah teliti dan jujur. Hal ini sudah menjadi nilai plus bagi anda.

Apa kelemahan Anda?

tips dan trik sukses wawancara tertutup
Ketika membicarakan kelemahan, semua orang pasti punya kelemahan. Tapi disini, jangan berikan kelemahan-kelemahanmu yang mungkin akan membuatmu nggak bisa mendapatkan posisi yang kamu lamar. Misalnya: Saya sulit beradaptasi, saya sulit untuk bekerja dalam team. Ungkap kelemahan sebagai suatu hal yang positif atau berikan alasan sederhana yang menjelaskan bahwa kelemahanmu tidak ada yang menggaggu pekerjaanmu.
Contoh jawaban yang baik: Saya sedikit pelupa. Jadi saya selalu membawa notes kemanapun saya pergi. Atau saya orangnya perfeksionis, jadi sering pulang larut malam karena sering mengoreksi pekerjaan supaya tidak ada yang salah.

Apa yang ingin Anda capai dalam hidup?

tips sukses wawancara tertutup
Pada pertanyaan ini, ungkapkan ambisi atau keinginanmu untuk bekerja pada perusahaan yang kamu lamar. Jangan mengungkapkan secara keseluruhan tentang hal-hal pribadimu, namun fokus pada tujuan secara professional.
Contoh jawaban : Saya berharap untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan ini dan saya akan berkontribusi pada perubahan-perubahan pada perusahaan ini agar menjadi lebih baik.

Pernahkan Anda mempunyai konflik dengan pimpinan?

trik wawancara tertutup
Ceritakan apa masalahmu dan bagaimana kamu mengatasi masalah tersebut. Disini, pewawancara dapat melihat apakah kamu adalah orang yang berkualitas atau Cuma calon karyawan yang biasa-biasa aja.

Apa alasan perusahaan kami menggaji Anda?

tips wawancara tertutup
Nah, disini, ceritakan apa yang membedakanmu dengan calon lain. Tapi jangan mencoba menjatuhkan lawanmu karena itu merupakan sebuah bad attitude. Ungkapkan dengan jelas bahwa kemampuanmu dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Buat pewawancara tertarik dengan diri anda karena kemampuanmu.

Bagaimana Anda menggambarkan pekerjaan impian Anda?

sukses wawancara tertutup
Ceritakan gambaran pekerjaan impianmu yang harus berhubungan dan tidak jauh beda dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Kriteria apa saja yang harus dimiliki untuk menjadi pemimpin yang sukses?

Pertanyaan ini biasanya untuk mengetahui bagaimana kamu mengatasi diri dengan manajemen dan bagaimana kamu melihat dirimu sendiri sebagai pimpinan. Apakah bisa menjadi leader untuk kedepannya atau tidak.

Apakah latar belakang pendidikan Anda mempersiapkan Anda pada jabatan yang Anda inginkan?

Disini, gambarkan latar belakang pendidikanmu yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Jika mungkin, berikan contoh riil. Usahakan posisi yang dilamar itu sesuai dengan latar belakang atau keahlian anda.

Itu dulu ya sedikit tips dan trik wawancara kerja tertutup yang dapat penulis bagi kepada sahabat karir. Sebenarnya masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang bisa dilontarkan oleh pewawancara. Sahabat karir mungkin bisa mencari lebih luas lagi pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul pada wawancara tertutup.Baca juga artikel yang mengupas tetntang psikotes dan wawancara kerja disini. Semangat!

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.