Pelajari Jenis Psikotes Yang digunakan untuk tes Masuk Kerja

psikotes untuk masuk kerja

Hallo sahabat karir, apakah sedang mencari informasi mengenai jenis Psikotes yang digunakan untuk tes masuk kerja? Kali ini saya akan membahas masalah jenis pikotes. Psikotes bisa saja jadi momok bagi pelamar jika belum terbiasa dan bahkan baru pertama kali berjumpa. Ada berbagai macam bentuk psikotes yang diujikan dalam seleksi penerimaan pegawai. Ada yang menggambr, tes deret angka, logika, persamaan kata, dan lain sebagainya.

Psikotes digunakan untuk tes masuk kerja fungsinya sebagai alat untuk menganalisa intelektual dan kepribadian dari si pelamar apakah cocok menempati posisi yang sedang dibutuhkan . bagaiamana emosional pelamar dalam menghadapi masalah di perusahaan. Hal tersebut menjadi informasi berharga yang dibutuhkan perusahaan untuk menentukan kandidat karyawan/pegawai baru.
Bukan hanya psikotes saja sih yang menentukan pelamar diterima atau tidak. Masih ada tahapan tes maasuk lagi.
psikotes untuk masuk kerja
Namun psikotes ini bisa menjadi acuan bagi penerima kerja saat wawancara kerja jika pelamar lolos tahapan psikotes. Berikut Penulis akan memberikan informasi mengenai Jenis Psikotes Yang digunakan untuk Tes Masuk Kerja, lihat berikut :

Jenis Psikotes Yang digunakan untuk Tes Masuk Kerja

Tes Intelektual

Tes Intelektual ini terdiri dari :

CFIT (Culture Fair Intelegence Test)

tes ini berfungi untuk mengungkap kemampuan mental umum Tes ini terdiri dari 3 skala yang disusun dalam form A dan B secara pararel. A dilaksanakan sebelum B, A dan B sama A untuk menguji kesiapan siswa. Tes ini dikembangkan oleh Raymond B. Cotrell dan sejumlah staf penelitian dari INSTITUTE OF Personality and Ability testing (IPAT) di Universitas IIIinois, USA. Tes CFIT yang akan digunakan adalah skala 3 yang baisa ditujukan pada individu yang berusia 13 tahun ke atas ( sampai dewasa ). Tes CFIT skala 3 terdiri atas 4 sub tes dengan waktu yang digunakan berbeda-beda.

TIU (Tes Intelegensi Umum)

tes ini juga berfungsi untuk mengungkap Kemampuan Mental Umum. Tes nya berupa hitungan matematika, logika, Persamaan kata

TKD (Tes Kompetensi Dasar)

Tes ini berfungsi untuk mengukur Kemampuan Dasar Individu, tesnya berupa soal persamaan kata, pengetahuan umum, logika,dll

AA(Army Alpha)

Tes ini berfungsi untuk mengukur tingkat kecerdasan, ketelitian dan konsentrasi seseorang. Bentuk tes Army Alpha adalah pilihan berganda (multiple choice), dan dapat dilakukan kepada banyak peserta sekaligus. Tidak harus satu penguji satu peserta. Untuk dunia kerja, tes ini terkadang dipakai oleh perusahaan yang ingin menguji banyak peserta sekaligus secara praktis dan cepat

ADKUDAG (Administrasi dan Keuangan)

Tes ini berupa persoalan mengenai keuangan dan masalah ekonomi lainnya. Tujuan dari tes ini ialah untuk mengetahui Kemampuan Administrasi dan Keuangan. biasanya untuk posisi analis keuangan, dan akuntan di salah satu perusahaan

IST (Tes Intelegensi)

Tes ini terdiri dari 9 subtes didasarkan anggapan bahwa stuktur intelegensi tertentu cocok dengan pekerjaan atau pofesi tetentu

TES KEPRIBADIAN

psikotes masuk kerja
Terdiri dari :

EPPS (Edwards Personal Preference Schedule

EPPS atau Edward Personal Preference Schedule Tes ini merupakan psikotes yang pernyataan-pernyataannya fungsinya dipakai Untuk mengukur kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya. Alat tes ini tergolong Tes Inventori kepribadian, dimana kita disuguhi deretan soal dalam satu buku tes EPPS dan diminta untuk memilih suatu pernyataan yang disukai. Beberapa pasangan adalah mengenai hal-hal yang Anda suka sedangkan pasangan-pasangan pernyataan yang lain adalah mengenai perasaan Anda. Dalam EPPS terdapat 225 pasang pernyataan.

DAM&BAUM (Draw a Man & Bauman Test)

Yaitu tes menggambar orang dan Menggambar Pohon. Fungsinya untuk mengetahui tanggungjawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Saat pengawas menyampaikan perintah tes tersebut anda harus memperhatikan intruksi pengawas.

WARTEGG TEST

jenis psikotes
Fungsinya untuk mengetahui emosi,imajinai, Intelektual dan Aktifitas Subjek. Tes ini berupa sebuah gambar kotak persegi yang dibagi menjadi 8 kotak. Setiap kotak akan diberi tanda. Nah peseta tes disuruh untuk melanjutkan gambar tersebut sesuai dengan imajinasi peserta. Waktu yang diberikan biasanya 12 menit. Untuk mengetahui bagaimana cara mudah mengerjakan wartegg tes?lihat disini.

Tes Pauli

Tes masuk kerja
Tes ini sering disebut dengan Tes Koran. Fungsinya untuk mengukur sikap kerja dan prestasi kerja (daya tahaan keuletan, sikap terhadap tekanan, daya penyesuaian ketekunan, konsistensi, kendali diri). Tes ini berupa mengerjakan hitungan dalam 1 buah kertas besar ya seukuran koran. Dimana dalam kertas tersebut terdapat banyak angka dari atas-bawah. Cara mengerjakannya dengan menghitung angka tersebut dari atas ke bawah, dari arah kiri ke kanan. Dan pengawas akan memberikan waktu.

KRAEPLIEN TEST

Tes ini fungsinya untuk mengungkap ketelitian, kecepatan,kestabilan dan daya tahan kerja. Tes ini terdiri dari gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Tes ini hampir sama dengan tes pauli. Cuman pengerjaanya dari bawah ke atas.

semua Jenis Psikotes Yang digunakan untuk tes Masuk Kerja diatas kebanyakan tidak semuanya dipakai dalam 1 tes. kadang hanya sebagian. mengingat keterbatasan waktu juga. ya itu tadi sekedar informasi mengenai jenis psikotes untuk tes masuk kerja. semoga bermanfat.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.