MENGENALI JENIS-JENIS TEST TOEFL

mengenali jenis test toefl

mengenali jenis test toefl
Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan test of English as A Foreign Language atau yang lebih dikenal dengan tes TOEFL. Tapi bagi yang belum masih merasa asing dengan yang namanya tes jenis ini, baiklah akan penulis jelaskan lagi apa sih tes TOEFL itu. Tes TOEFL merupakan tes untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang.
Apa sih kegunaan tes TOEFL ini? Nah tes TOEFL ini gunanya ada banyak kegunaannya. Nggak hanya untuk kepentingan pendidikan loh tapi untuk kepentingan pekerjaan juga. Ini nih kegunaaan-kegunaan dari tes TOEFL

1. Menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa perguruan tinggi.
2. Sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan di beberapa instansi
3. Untuk kenaikan jabatan atau promosi
4. Persayaratan untuk tes CPNS untuk lembaga kementrian pusat

Nah, ternyata tes TOEFL bukan hanya untuk mendapatkan beasiswa, tapi juga untuk cari kerja. Begitu pentingnya kegunaan tes TOEFL bagi kita kan? Jadi, kita harus paham betul tentang test TOEFL ini supaya kita tahu bagaimana harus mengerjakannya. Terlebih lagi, biaya yang dikeluarkan untuk ikut tes ini lumayan mahal, jadi akan sangat disayangkan kalau teman-teman semua gagal dalam tes ini. Jadi, pertama-tama, kita harus tahu nih jenis-jenis tes TOEFL karena ada lebih dari 1 jenis tes ini.

MENGENALI JENIS-JENIS TEST TOEFL

Apa sih jenis-jenis tes TOEFL itu? Nah, ternyata tes TOEFL ini ada 3 bentuk.

IBT (Internet-based test)

test toefl
IBT (Internet-based test) atau yang disebut dengan test TOEFL berbasis internet. Dalam mengerjakan tes ini, peserta tes akan mengerjakan soal-soal secara online. yang berlangsung selama 3 jam 10 menit sampai 4 jam 20 menit. Ada 4 sesi dalam ujian ini yaitu listening, speaking, reading dengan range skor 0-20. Tes ini cocok untuk dipakai kalau teman- teman ingin nglanjutin kuliah ke luar negeri.

PBT (Paper based test)

jenis test toefl
PBT (Paper based test) yaitu test TOEFL berbasis kertas. Nah, tes ini dibagi jadi 3 sesi yaitu listening, reading, structure dan reading dengan range skor antara 310-667. Tes ini berlangsung selama 2 jam 20 menit sampai 2 jam 30 menit. Namun, dibeberapa Negara, tes ini udah nggak diberlakukan lagi. Tapi di Indonesia, beberapa instansi masih menerima tes jenis ini.

Tes CBT (Computer-Based Test)
jenis-jenis test toefl
Tes CBT (Computer-Based Test) atau disebut dengan tes berbasis computer. Dalam tes ini, perangkat lunak yang digunakan diterbitkan oleh ETS. Pada jenis tes ini, ada 4 sesi ujian yaitu listening, reading, reading, writing dengan range skor antara 0 – 300. Tes ini berlangsung selama 2-2,5 jam.

Nah, itu tadi pengenalan tentang jenis-jenis tes TOEFL yang wajib sahabat karir ketahui. Dengan mengetahui bentuk-bentuk soal dan range skor dari tes tersebut, sahabat karir mungkin juga bisa try out dirumah sebelum menjalani tes TOEFL yang sesungguhnya. Dengan begitu, sahabat karir bisa mengetahui capaian dan bisa memperbaiki apabila masih kurang. Untuk selanjutnya, penulis akan kasih soal tentang tes TOEFL ini disini.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.