Mempersiapkan diri Dalam Persaingan Dunia Kerja

Mempersiapkan diri dalam persaingan dunia kerja

Mempersiapkan diri dalam persaingan dunia kerja
“Welcome To The Real World”. Mungkin kalimat itu sering sekali diucapkan pada setiap orang yang baru menyelesaikan pendidikannya baik dalam jenjang sekolah menengah maupun Perguruan tinggi. Ungkapan tersebut merupakan realitas/kenyataan yang harus dihadapi karena tuntutan dunia kerja sangatlah berbeda dengan dunia sekolah atau kuliah. Apalagi dengan akan adanya persaingan bebas yang mana orang asing dapat dengan mudah masuk bekerja diindonesia. Untuk itu mempersiapkan diri dalam persaingan dunia kerja memanglah menjadi prioritas utama.

Lulusan sekolah menengah atau kuliah di masa sekarang ini haruslah mempunyai nilai plus guna dapat bersaing. Karena cepat aau lambat akan diberlakukan kebijakan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yaitu semua orang diseluruh indonesia dapat bekerja di seluruh indonesia, serta warga indonesia bisa juga kerja di luar negeri.

Sering kita temui di kota-kota besar di jakarta misalnya, banyak sekali orang luar negeri yang terlihat disana pada saat jam kerja, atau waktu sarapan, makan siang dan makan malam. Ini salah satu bentuk persaingan kerja. Orang asing sekarang datang ke indonesia tidak hanya berwisata / piknik saja, melainkan mencari pekerjaan. Jika pelajar kita tidak bisa bersaing dengan orang asing, maka akan berdampak sangat besar bagi pertumbuhan bangsa.

Mempersiapkan diri Dalam Persaingan Dunia Kerja

Untuk menindak lanjuti kejadian tersebut, maka kita harus meningkatkan hal – hal penting berikut :

Penguasaan Bahasa Asing

Mempersiapkan dalam persaingan dunia kerja
Penguasaan Bahasa Asing di dalam persaingan dunia kerja yang ketat menjadi alat yang sangat ampuh dan wajib hukumnya. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang wajib untuk kita kuasai, karena merupakan bahasa Internasional. Selain itu kita juga perlu belajar bahasa lain seperti bahasa Mandarin, Jepang, Korea, Perancis dll. Untuk sahabat karir yang belum mahir bahasa asing, tenang, tidak usah khawatir. Sekarang sudah banyak private atau kursus bahasa aing yang dapat dijadikan tempat belajar, tapi perlu diperhatikan betul-betul dalam memilih bimbingan belajar agar tidak sia-sia mengeluarkan banyak uang. Jadi gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Pendidikan

Mempersiapkan persaingan dunia kerja
Banyak pelajar yang kurang begitu tertarik atau bahkan malas untuk menlanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena sudah bekerja atau mendapatkan uang. Namun jika kita bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, tidak menutup kemungkinan karir dan posisi jabatan kita akan naik dalam waktu yang tidak lama. Kita juga bisa dengan siap menghadapi persaingan yang sangat luar biasa ini.

Membekali diri dengan Soft Skill

persiapkan diri dalam persaingan dunia kerja
Mempersiapkan diri dalam persaingan dunia kerja sangat erat kaitannya dengan softskill. Ya, ilmu pengetahuan di bidang pendidikan yang kita tempuh saja tidak cukup untuk menunjang dalam karir kita. Kita wajib mempunyai softskill agar kita mempunyai nilai plus daam persaingan dunia kerja. Dengan mempunyai sofskill kita akan dipertimbangkan. Softskill yang perlu kita kuasai diantaranya ialah ilmu pengetahuan tentang mengoperasikan komputer, karena di zaman modren ini kita serba menggunakan komputer. Jadi hal ini wajib kita kuasai agar tidak ketinggala jaman.Selanjutnya yang harus dipersiapkan untuk softskill ialah dalam hal komunikasi, dengan komunikasi yang lancar, kita juga akan mampu bersaing dalam dunia kerja. Komunikasi yang baik dapat dilatih secara mandiri atau kita sering ikut organisasi.

Dengan adanya pembekalan tersebut diharapkan kita dapat dengan siap untuk mempersiapkan diri dalam persaingan dunia kerja. Adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) ini jangan sampai membuat kita menjadi patah semangat, namun hal tersebut harus membuat kita termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih maju sesuai dengan perkembangan jaman.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.