KENALI JENIS-JENIS SOAL PSIKOTES DALAM REKRUTMEN KARYAWAN

JENIS-JENIS SOAL PSIKOTES

Psikotes adalah tahap awal dari rentetan tes yang harus dilalui dalam rekruitmen karyawan. Bagi kamu yang belum tau gimana bentuk-bentuk soal dan trik-triknya, bisa jadi kamu akan grogi dan nggak fokus ngerjainnya. Alhasil, kamu mungkin bisa gugur dalam tahap pertama ini. Bahkan orang dengan IQ diatas rata-rata pun mungkin bisa gagal kalau nggak tau bentuk-bentuk soal dan trik-trik menjawabnya. Jadi, bagi kalian yang mungkin menyadari kalau punya IQ pas-pas an, nggak perlu khawatir jika sudah tahu trik-triknya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, penulis akan mengupas sedikit jenis-jenis soal prikotes dalam rekrutmen karyawan.
JENIS-JENIS SOAL PSIKOTES
Sebelumnya, penulis akan kasih sedikit informasi nih tentang apa sih psikotes itu? Bagi kalian yang mungkin belum tau, psikotes merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur/mengetahui kondisi psikologis seseorang, sebagai pertimbangan penting untuk melihat kapasitas dan kapabilitas dalam berbagai bidang ketrampilan mendasar, yaitu kemampuan verbal, numerik, spasial, dan logika penalaran. Cukup mudah di pahami kan?

Nah, mungkin kamu yang belum pernah ikut tes ini bertanya-tanya bentuk soalnya seperti apa sih? Bagaimana sih cara jawabnya?

KENALI JENIS-JENIS SOAL PSIKOTES DALAM REKRUTMEN KARYAWAN

Baiklah langsung saja penulis kupas jenis-jenis soal psikotes dalam rekrutmen karyawan disini:

Tes Seri Angka dan Tes Seri Huruf

Tujuan dari tes ini untuk menggali intelegensi calon karyawan berkaitan dengan seri angka dan seri huruf. Seringkali terlihat sangat susah tapi sebenarnya nggak sesusah yang dibayangkan jika tahu trik-triknya. Ingat jangan sampai kehabisan waktu di tes ini.

Contoh:

1. Soal : 44, 38, 32, 26…, …. Angka selanjutnya …,…
Jawaban : Angka selanjutnya 20, 14
Pembahasan : Seri kelipatan -6: 44, 38, 32,26, 20, 14, dst

2. Soal : 10, 20, 12, 25, 14, 20, …, … Angka selanjutnya …, …
Jawaban : 16, 15
Pembahasan : Ada 2 seri, pertama +2: 10, 12, 14, 16, dst, kedua -5: 30, 25, 20, 15, dst

3. Soal : 3, ac, 6, bd, 9, ce,… ,… Angka selanjutbya …, …
Jawaban : 12, df
Pembahasan : Ada dua irama: Pertama biilangan kelipatan 3: 3, 6, 9, 12, dst., keduda ac, bd, ce, df, st)

Tes Padan kata

Tes ini bertujian untuk mengetahui pemahaman calon karyawan tentang sinonim berbagai kata-kata. Dalam tes ini, terdapat satu jenis kata, kemudian calon karyawan diminta untuk mencari kata lain yang memiliki arti terdekat.
Contoh:
1. PREDIKSI:
a. Akan terjadi
b. Perkiraan
c. Ukuran
d. Penyelidikan
e. Pesiapan
Jawaban: b. perkiraan

2. PILOT PROJECT
a. Pilot teladan
b. Sekolah pilot
c. Proyek percontohan
d. Proyek rahasia
e. Pembangunan
Jawaban : c. proyek percontohan

Tes analogi

Tes ini bertujuan utuk mengetahui kemampuan calon karyawan dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan atau pengambilan kesimpulan melalui teknik analogi.
Contoh:
1. UANG : DOMPET
a. Pakaian : Lemari
b. Deposito : bank
c. Celana : kaki
d. Anting : telinga
e. Matang : mentah
Jawaban : a. Pakaian : lemari
Analogi : uang disimpan di dompet, pakaian dibuat di lemari

2. KAPAS : KAIN : BAJU
a. Kompor : sumbu : minyak
b. Bola : lapangan : striker
c. Ulat : kepompong : kupu-kup
d. Waduk : PLTA : listrik
e. Pohon : papan : meja
Jawaban : e. Pohon : papan : meja
Analogi : Kapas diolah menjadi kain, kain diolah menjadi baju. Pohon diolah menjadi papan, papan diolah menjadi meja.

Tes sinomin-antonim

Tes ini bertujian untuk mengetahui pemahaman calon karyawan tentang kata yang berlawanan artinya.
Contoh:
1. CANGGIH
a. Maju
b. Tertinggal
c. Modern
d. Terkini
e. Sederhana
Jawaban : e. sederhana
Pembahasan : kata CANNGIH berarti kehilangan kesederhanaan yang asli, jadi lawan kata yang sesuai adalah SEDERHANA

2. MONOTON
a. Berulang-ulang
b. Berubah-ubah
c. Sering sekali
d. Dinamis
e. Sangat cepat
Jawaban : b. berubah-ubah
Pembahasan : kata MONOTON berarti berulang-ulang. Jadi, lawan kata yang sesuai adalah BERUBAH-UBAH

Tes berhitung cepat

Tes ini ada hubungannya sama logika matematika. Ini tegantung pada kemampuan matematis calon karyawan. Tes ini bisa berbentuk apa saja seperti perkalian, penjumlahan, pecahan, dsb.
Contoh :
1. Berapakah 8/6 dari 12,5%?
a. 8 b. 12,5 c. 6,25 d. 8,75 e. semua salah
Jawaban : e. semua salah
Pembahasan : 8/6 x 1/8 = 1/6

Tes Verbal huruf

Tes ini bertujuan untik mengetahui kemampuan verbal calon karyawan dalam identifikasi bentuk-bentuk sederhana. Nah, soal dalam tes ini terlihat begitu rumit namun sebenarnya nggak rumit sama sekali. Gunakan cara berpikir lateral untuk menjawab soal-soal ini.

Tes verbal angka

Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan verbal calon karyawan berkaitan dengan angka-angka. Coba cermati setiap soal, lihat logika apa yang ditawarkan oleh soal tersebut kemudian cari pilihan jawabannya

Tes Kreativitas

Tes ini bertujuan menggali kreativitas calon karyawan. Biasanya ada berbagai macam kotak dan goersan berupa titik, garis lurus, garis lengkung dan sejenisnya. Nah, calon karyawan diminta untuk menggunakan imajinasi mereka membuat gambar berdasarkan bentuk yang ada.

Tes Menggambar

Tes ini bertujuan untuk mendalami minat bakat, pemikiran, dan pandangan dunia calon karyawan. Calon karyawan dii sodori suatu kotak besar dan diminta untuk menggambar sebuah bentuk. Misalnya menggambar pohon, manusia, atau bentuk lain. Tidak ada standar dalam menggambar. Calon bebas menggambar apapun. Namun, ini nantinya akan dikaitkan dengan pandangan calon karyawan tentang konsep sesuatu yang digambar. Dan berkaitan dengan hal ini, tim penguji memiliki kriteria tersendiri.

Contoh : Ada calon karyawan menggambar bentuk “manusia”. Mungkin ada yang memandang manusia secara fisikal yang memiliki syarat punya tangan, kaki, badan, dan kepala secara lengkap. Maka ia cenderung menggambar manusia secara lengkap. Namun, ada yang memandang “nilai kemanusiaan” manusia hanya pada dada dan kepala, maka ia cenderung menggambar manusia secara close up.
SOAL PSIKOTES DALAM REKRUTMENT KARYAWAN

Nah, itu tadi beberapa trik-trik dan jenis-jenis soal psikotes dalam rekrutmen karyawan. Nggak sesulit yang dibayangkan bukan? Tapiii….ada baiknya bagi kalian yang akan mengikuti tes psikotes memperbanyak latihan soal-soal biar lebih peka terhadap jenis soal dan trik-triknya. Jika kamu mengenali jenis-jenis soal psikotes dan memahami trik-triknya ditambah dengan banyak latihan, tes yang kamu hadapi nggak akan membuatmu grogi lagi! Selalu semangat dan semoga sukses.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.