Kenali 5 Tanda Wawancara Kerja Berjalan Sukses

tanda wawancara kerja sukses

sudahkah sahabat karir mengenali tanda bahwa wawancara kerja kita berjalan sukses? Yuk kita kupas satu per satu tandanya. Wawancara kerja, menjadi salah satu tahapan seleksi kerja yang cukup sulit. Banyak pelamar kerja yang gagal dalam tahapan ini. Meskipun menganggap usaha saat wawancara kerja sudah maksimal, namun terkadang perusahaan mengabarkan hasil yang mengecewakan. Memang wawancara kerja tidak bisa ditebak, kita sudah yakin wawancara berjalan mulus dan lancar, tapi kita tidak tahu apa yang sebenarnya diinginkan oleh pewawancara kerja (user).

Pertanyaan dalam wawancara kerja bisa jadi mengenai banyak hal terutama tentang diri pelamar, pekerjaan yang dilamar atau hal lain yang tidak berkaitan sama sekali dengan pekerjaan namun memang dianggap perlu untuk menilai diri pelamar. Tips untuk menghadapi wawancara kerja adalah mengetahui dan memahami apa yang harus dipersiapkan. Luangkan waktu untuk meninjau saran mengenai cara untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara dan bagaimana jawaban yang harus sahabat karir berikan. Berikut ini lima tanda wawancara kerja berjalan sukses dan kemungkinan besar, sahabat karir diterima.

lima tanda wawancara kerja berjalan sukses

tanda wawancara kerja sukses
Pertanyaan bersifat detail dan hipotesis
Terkadang, cara bertanya pewawancara terdengar seperti informasi daripada sebuah kasus. Misalnya, “Apakah Anda suka travelling?” yang artinya pewawancara penasaran apakah pelamar tertarik dengan pekerjaan yang melibatkan perjalanan. Disini akan terlihat dari jawaban sahabat karir, apakah termasuk tipe pekerja yang menyukai tantangan atau tidak. Semakin detail sebuah pertanyaan yang bersifat hipotesis, semakin besar kemungkinan wawancara berjalan sukses.

Nada mengajak bicara

Meskipun nada mewawancarai tergantung pada budaya perusahaan, namun adanya nada mengajak bicara atau mengobrol yang dilakukan pewawancara juga termasuk tanda yang baik. Kebanyakan para pelamar kerja berpikir, bahwa wawancara kerja berjalan dengan serius dan menggunakan bahasa yang formal. Namun, tidak sepenuhnya dalam wawancara kerja, pewawancara akan mewawancarai dengan bahasa yang baku dan formal. Karena merasa nyaman dengan pelamar, maka mereka menggunakan nada bicara yang lebih santai. Hal ini merupakan pertanda baik, bahwa pewawancara tertarik untuk menggunakan tenaga sahabat karir untuk bergabung menjadi pegawai di perusahaaannya.

Bahasa Tubuh

tanda wawancara sukses
Bahasa tubuh pewawancara juga bisa dijadikan indikasi sukses tidaknya wawancara kerja. Jika pewawancara terlihat tertarik dan hampir mengikuti ekpresi wajah seperti pelamar, artinya mereka mendengarkan dengan baik.

Memperkenalkan diri

tanda wawancara berjalan sukses
Jika pewawancara tertarik pada pelamar, seringkali mereka meminta pelamar untuk bertemu seseorang dari departemen yang akan ditempati demi melakukan perkenalan diri secara singkat.

Janji menghubungi

Ini adalah tanda yang paling umum bahwa wawancara kerja pelamar berjalan dengan sukses. Sebab kebanyakan perusahaan akan mengatakan, “Kami akan menghubungi Anda,” karena saat itu mereka tertarik dengan pelamar namun belum mampu memutuskan.
wawancara kerja
Pada wawancara kerja tunjukkan antusiasme sahabat karir untuk bersungguh-sungguh bergabung di perusahaan yang sahabat karir lamar. Tunjukkan bahwa sahabat karir memang bisa diandalkan dalam bekerja sama dengan orang lain di departemen dimana sahabat karir akan ditempatkan dan bisa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perusahaan. Selain itu, pikirkan sejenak sebelum sahabat karir menjawab ketika ditanya pertanyaan yang sulit. Pewawancara tidak mengharapkan sahabat karir memiliki jawaban yang sudah disiapkan. Namun, tetap bersiaplah. Dan yang paling penting, jangan ragu dalam memberikan jawaban, yakin pertahankan argumen-argumen sahabat karir. Jika sahabat karir merasakan tanda pertama sampai terakhir yang saya ulas diatas, kemungkinan besar wawancara berjalan sukses dan sahabat karir diterima di perusahaan tersebut. Namun, tetaplah berdoa setelah usaha maksimal sahabat karir lakukan dalam wawancara.

Oke sahabat karir, 5 Tanda Wawancara Kerja Berjalan Sukses. Mudah-mudahan dalam wawancara kerja sahabat semua setidaknya ada 3 tanda tersebut. Jdai besar kemungkinan diterima kerja nya lebih besar. Teruslah berlatih dan pantang menyerah untuk meraih mimpi demi orang tercinta.

Wasalam…

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.