jenis Wawancara kerja dan tips menghadapi wawancara kerja

wawancara kerja

wawancara kerja
Wawancara kerja adalah salah satu jenis tahapan dalam seleksi penerimaan kerja yang mana didalamnya terdapat 2 orang atau lebih antara si pelamar kerja dengan pewawancara. Wawancara kerja dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar potensi yang dimiliki pelamar kerja dan pantas atau tidaknya pelamar kerja menduduki jabatan yang dibutuhkan. Wawancara kerja biasanya dilakukan pada tahap akhir yang biasanya dikenal dengan wawancara user/ interview user. Interview user ini terbilang lumayan sulit, karena si pelamar akan dihadapkan dengan serentetan pertanyaan-pertanyaan entah itu tentang pekerjaan yang dilamar, tentang kehidupannya sehari-hari, atau dihadapkan dengan permasalahan kantor dang bagaimana solusiya.

Namun sahabat karir tidak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi mengenai jenis wawancara dan tips menghadapi wawancara agar lolos. Ini berdaarkan pengalaman tim kami yang sekarang sudah diterima kerja baik di instansi pemerintah, BUMN, maupun swasta.

Jenis Wawancara Kerja

tips menghadapi wawancara kerja

Wawancara kerja Psikolog

Wawancara kerja psikolog ialah wawancara kerja yang dilakukan oleh seorang psikolog. Wawancara kerja ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat emosional pelamar. Apakah cocok dengan posisi yang dibutuhkan. Mengenai cocok atau tidaknya hanya psikolog yang menilai. Wawancara kerja ini biasanya dilakukan di awal tahapan seleksi kerja atau di pertengahan. Tips yang bisa dilakukan ialah jujur saja dan , karena sepandai apapun kita menyembunyikannya, seorang psikolog akan mengerti apakah pelamar berkata jujur atau tidak.

Wawancara kerja User

Wawancara kerja user adalah wawancara kerja yang dilakukan oleh seorang pelamar kerja dengan user. User dalam hal ini ialah pimpinan cabang atau pmpinan pusat dari perusahaan atau instansi yang dilamar. Wawancara user ini terbilang cukup berat, karena ini merupakan rangkaian akhir dari seleksi kerja. Dimana orang yang mewancarai pelamar kerja adalah orang sekantor yang nantinya akan menjadi pimpinan dimana pelamar bekerja. Untuk itu haruslah dipersiapkan benar-benar.

Wawancara kerja via Telephone

Wawancara kerja via telephone adalah proses seleksi kerja dimana pewawancara mewawancarai pelamar tidak berhadapan langsung, melainkan dengan telephone. Wawancara kerja model ini memang jarang ditemui dalam seleksi kerja, meski efesien dalam hal waktu, tempat dan biaya namun dilihat dari segi efektifnya masih kurang. Pelamar harus tetap stay dengan ponsel atau telfon rumah. Dari segi jaringan juga harus bagus. Untuk mempersiapkan kemungkinan yang terjadi saat seleksi kerja, diharap pelamar mempersiapkan semua materi baik dalam kehidupan sehari-hari maupun tugas dalam posisi yang sedang dilamar.

Wawancara kerja on stage

Wawancara kerja on stage adalah proses tahapan seleksi kerja dimana proses ini ialah tahapan awal dari seleksi kerja. biasanya terdapat satu pewawancara yang ketika pelamar memberikan surat lamaran kerja. Tidak perlu khawatir, tahapa ini terbilang mudah, karena si pewawancara biasanya Cuma bertanya tentang motivasi melamar disini. Sebaiknya persiapkan semua syarat ketentuan administrasi dan mental yang bagus. Sehingga bisa lolos ke tahap selanjutnya

Tips menghadapi Wawancara kerja

Di artikel yang sebelumnya, kami telah membahas lumayan banyak mengenai persiapan wawancara kerja. Berikut persiapan apa saja yang harus dilakukan bagi pelamar kerja dalam menghadapi tes wawancara kerja:

Kondisi Fisik Yang Fit

jenis wawancara kerja
Kondisi fisik yang fit merupakan persiapan yang paling dasar dan sangat penting dalam menghadapi tes wawancara kerja. Sangat sulit untuk lolos ketika kondisi fisik sedang drop. Jawaban yang akan keluarpun juga bakalan ngelatur. Disisi lain si pewawancara biasanya suka dengan pelamar yang terlihat fresh dan segar. Hal tersebut berarti si pelamar sangat antusias untuk melamar kerja. Selain itu tubuh yag sehat dan fikiran yang fresh akan sangat berpeluang sekali untuk lolos. Usahakan 2 hari sebelum wawancara kerja jangan sering begadang, dan makan makanan yang bergizi.

Pelajari mengenai seputar informasi perusahaan yang dilamar

wawancara kerja dan tips wawancara
Informasi mengenai perusahaan sangatlah penting dimiliki oleh calon pelamar kerja. Tentang apa saja yang menjadi tugas kita, bagian mana yang akan kita lamar. Serta visi dan misi dari perusahaan tersebut wajib kita kuasai. Hal ini menandakan bahwa kita sangat antusias dan ingin menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Kita bisa mencari informasi lewat internet, bertanya kepada teman atau saudara yang bekerja perusahaan tersebut atau sekedar mengunjunginya. Sehingga jika pewawancara bertanya mengenai seluk beluk perusahaan, kita tidak lagi kebingungan untuk menjawabnya.

Pastikan tempat wawancara

Sehari sebelum wawancara kerja usahakan untuk survey lokasi wawancara kerja. Cari jalan alternatif untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan. Untuk yang lokasinya jauh, saya sarankan untuk mencari tempat penginapan yang dekat dengan lokasi tes. Karena jika kita terlambat, maka berakibat buruk dengan penilaian pewawancara kepada pelamar. Mereka beranggapan orang yang telat adalah tidak disiplin dan kurang menguntungkan bagi perusahaan.

Berpakaian yang rapi

jenis wawancara kerja dan tips menghadapi wawancara kerja
Pakaian yang rapi dan enak dipandang saat wawancara kerja sangat penting sekali untuk diperhatikan bagi sahabat karir semua. Pakaian yang rapi dengan memakai kemeja, sepatu pantofel. Jangan memakai kaos, karena terkesan tidak formal. Selain itu, untuk pelamar wanita memakai parfum dan perhiasan tidak berlebihan.

Siapkan berkas yang diperlukan

Sehari sebelum berangkat tes wawancara kerja, kita wajib untuk mempersiapkan berkas – berkas yang dibutuhkan. Seperti kartu peserta tes, KTP, Ijasah, Sertifikat penunjang, dan lain-lain. Masukkan berkas tersebut kedalam map biar rapi.
Semoga artikel diatas dapat membantu sahabat karir semua dalam menempuh tes wawancara kerja, dan semoga mendapatkan hasil yang baik. Untuk informai mengenai tips wawancara kerja, psikotes dan tips kerja lainnya bisa kunjungi disini.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.