Jangan Lakukan Hal Konyol Mengenai Foto dalam Persyaratan Lamaran Kerja! Bisa Fatal!!

pas foto

Didalam persyaratan lamaran kerja sering sekali mengharuskan pelamar untuk memberikan pasfoto. Ya,ada perusahaan Cuma membutuhkan pasfoto sahabat karir saja. Pasfoto adalah Foto berwarna yang menunjukkan wajah anda mulai dari rambut sampai paling bawah sebatas dada. Persyaratan ukuran pun berbeda-beda, ada yang 4X6,, 2X3, 3X4 semua tergantung oleh perusahaan. Pasfoto yang harus dikirim biasanya rangkap dua. Oleh HRD satu lembar ditempel di surat lamaran kerja dan satunya ditempel di bagian Cv untuk arsip.
pas foto
Ini untuk sitem pengiriman surat lamaran kerja yang manual melalui Pos atau datang langsung ke penerima kerja. sekarang sudah banyak persyaratan lamaran kerja yang menggunakan pasfoto di softfile yang nantinya dikirim melalui email beserta persyaratan lainnya. Tetapi ada juga instansi atau perusahaan yang memberikan persyaratan lamaran keduanya.kita sebagai pelamar ya kudu mengikuti saja alurnya.

Walaupun sudah tercantum dengan jelas persyaratan mengenai pasfoto, tapi masih banyak juga pelamar yang melakukan kesalahan yang bisa dibilang konyol. Hal ini bisa berakibat fatal lho. Ingin tau hal konyol apa saja yang biasanya terjadi mengenai masalah pasfoto? Lihat berikut ini:

Kesalahan mengenai Pas foto yang Berakibat Fatal

kesalahan mengenai pas foto

Kesalahan Mengirimkan Ukuran Pasfoto dalam lamaran kerja

Mungkin saat iu sahabat semua tidak memiliki pasfoto yang berukuran 4X6 yang sesuai dengan persyaratan lamaran kerja. Sehingga mengirimkan pasfoto yang berukuran yang ada misal ukuran 2X3 , 3X4 atau ukuran kecil lainnya lainya. Saya jamin surat lamaran tersebut langsung dibuang ke sampah. Karena penerima kerja tidak dapat melihat wajah pelama dengan jelas di foto yang berukuran kecil tersebut. Mereka harus meihat wajah anda. Itu yang mungkin banyak pelamar tidak mengetahui.

Mengenakan Pakaian yang kurang Formal

Pernah saya menjumpai teman yang sedang mengirim lamaran kerja dengan menggunakan baju pada pasfoto yang tidak formal. Dia bilang yang pentingsudah berkerah. Sudah saya sarankan untuk mengganti foto dengan baju yang lebih formal dengan pakai kemeja. Tetapi tetap saja bersikeras. Ya akhirnya dia tidak lolos seleksi administrasi. Kan sayang banget. Udah capek-capek ngirim eh gak dipanggil.

Menggunakan pasfoto yang kurang Cerah atau kelihatan tidak bersemangat

Dalam mengirim pasfoto seharusnya menggunakan foto yang cerah/bercahaya/dinamis. Sahabat karir bisa tersenyum ceria atau minta saja fotografer untuk mencerahkan pencahayaan. Jangan sampe mengirim foto yang terihat lesu, lemes dan kurang bersemangat. Kata pepatah sih satu gambar itu bisa mewakili banyak makna. Jadi ya mesti kudu mnampilkan foto yang dinamis, ceria dan ekspresi yang segar.

Menggunakan foto yang sudah kadaluwarsa

Wajah manusia itu gak mungkin bisa sama. Kadang beda hari saja sudah berubah. Apa lagi sebelum dan sesudah diputus cinta.hehe bercanda. Usahakan menggunakan foto yang baru. Setiap 6 bulan sekali harus ganti meskipun foto lama lebih bagus dan menarik ketimbang foto yang baru, lhoh…:). Pernah juga menggunakan foto 3 bulan yag lalu. Apalagi ketiga menghadapi test wawancara kerja yang saling berhadapan langsung dengan si penerima kerja. Hal ini juga penting sekali dalam persyaratan lamaran kerja.

Berikut ulasan kami mengenai kesalahan fatal persyaratan lamaran kerja mengenai pas foto. Semoga artikel ini bisa membantu sahabat karir semua dalam melamar pekerjaan supaya cepat dapat kerja ya.jika sahabat karir ingin mencari informasi mengenai ciri Curiculum Vitae yang baik, silahkan lihat disini.
Salam.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.