apakah anda Seorang Yang Pendiam?, Bukan Jadi Masalah Untuk Lolos Test FGD!!

Forum Group Discussion

Focus Group Discussion atau biasa yang disebut FGD merupakan bagian dari tahapan test kerja. Sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan test FGD di salah satu tahap test penerimaan pegawai atau karyawan baru. Ya tahapan seleksi FGD ini fungsinya untuk mengetahui jiwa kepemimpinan dan jiwa sosial untuk saling berinteraksi dalam kelompok yang dimiliki oleh setiap pelamar. FGD bagi penguji ini dipakai untuk melihat gaya komunikasi pelamar dalam menyampaikan pendapat. Tahapan ini mungkin mudah bagi yang aktif bicara atau yang aktif di organisasi. Tapi bagaimana dengan seorang yang pendiam dan jarang bahkan tidak pernah ikut organisasi. Pastinya menjadi momok yang menakutkan.

Focus Group Discussion

Focus Group Discussion
Penilaian mengenai FGD ini masih menjadi perbincangan banyak pihak. Ada yang menilai dari sisi kepemimpinannya ada juga yang menilai dari kekompakan dalam kelompok. Menurut saya sih tergantung posisi yang dilamar. Jika posisi yang dilamar itu adalah manager atau yag dipersiapkan untuk menjadi pimpinan. Maka, FGD ini dinilai dari segi kepemimpinan. Tetapi kalau untuk staf ya dinilai dari sisi kerjasamanya. Jika anda seorang pendiam, jangan khawatir. Gak semuanya yang paling aktif ngomong itu bakalan lolos.

Jika sahabat karir salah satu seorang yang pendiam yang akan menjalani test FGD, gak usah takut.Kami akan memberikan saran kepada sahabat karir semua sesuai pengalaman penulis yang sudah pernah menlalui test FGD dan lolos mengenai solusi bagi seorang pendiam dalam tet FGD. Apa saja? Berikut ulasannya :

Solusi Bagi Seorang Pendiam dalam Menghadapi Test FGD

seorang pendiam

Percaya Diri

Mempunyai kepercayaan diri itu sangat penting untuk tahapan test FGD . permasalahannya, kebanyakan orang yang pendiam itu kurang percaya diri. Ya gak semuanya sih orang pendiam itu gak percaya diri. Saran saya janganlah merasa minder. Percayalah pada kemampuan diri dan selalu berlatih untuk percaya diri untuk berbicara didepan publik.

Berniat untuk bergabung

Kebanyakan penilai melihat pelamar dari niatan untuk bergabung dalam kelompok tersebut. Memperhatikan tema yang sedang dibicarakan apa Cuma sibuk dengan kertas didepannya. Jika sahabat karir hanya terpaku pada kertas didepannya, maka penilai akan melihat bahwa anda tidak niat untuk bergabung dalam kelompok tersebut. Untuk sahabat karir yang pendiam mungkin bisa berinisiatif menawarkan diri untuk jadi notulen. dengan begitu anda bisa fokus untuk berdiskusi dan menemukan ide.

Jangan Cuma diam! bicaralah

jangan hanya diam
Walaupun sahabat karir ini tipe orang pendiam, tapi dalam hal test FGD ini anda dituntut untuk berbicara. Gak harus bicara pertama kali sih. Jika belum dapet ide sahabat karir bisa mengamati dulu tema dari diskusi dan alurnya. Baru ketika dapet ide sahabat bisa mengutarakan. Kasih pendapat sekali asalkan bermutu dan tepat sasaran lebih baik ketimbang banyak ngomong tapi ngelantur kesana kemari gak jelas. Yang aktif tuh gak mesti lolos. Hanya yang mempunyai jiwa kepemimpinan lah yang akan lolos ke tahap selanjutnya.

Jadi sahabatkarir yang pendiem jangan khawatir. Jangan berfikir bakakalan gagal dalam tahapan test FGD ini. Ya kalau posisi sepert manager biasanya nyari yang aktif karena dipersiapkan untuk memimpin ank buahnya. Tapi dalam hal posisi analis atau peneliti seorang pendiam itu bisa dipertimbangkan.
Mungkin itu saja saran saya mengenai solusi bagi seorang yang pendiam dalam menghadapi test FGD. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat karir semua. Jika sahabat karir sedang mencari informasi bagaimana membat CV yang baik. Bisa dilihat disini.
Salam

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.