Ini nih kesalahan yang jadi penyebab gagal test wawancara kerja!

gagal test wawancara kerja

Pernahkah sahabat karir menjalani test wawancara kerja lalu gagal? Pasti rasanya tuh nyesek banget ya. Kaya di putusin atau ditolak cewek.:P. Ya test wawancara kerja itu bisa dikatakan susah bagi pemula. Apalagi kalau pelamar tersebut kurang pede terhadap dirinya sendiri. Ya akibatnya kebanyakan gagal. Mungkin sahabat karir selalu bertanya-tanya, ngapain sih kudu ada test wawancara kerja? Itu kan susah banget.

Jangan salah, test wawancara kerja ini tuh banyak banget manfaatnya bagi perusahaan dalam memilih atau menyeleksi pegawai baru. Dimana dalam test wawancara kerja itu interviewer bisa melihat bagaimana karakter si pelamar, bagaimana pola pikir, bisa diandalkan apa tidak, bisa mengisi posisi yang dibutuhkan apa tidak, dan masih banyak lagi.

gagal test wawancara kerja

gagal test wawancara kerja
Kesalahan yang jadi penyebab gagal test wawancara kerja ini beragam macamnya, bisa dari segi personalnya sendiri maupun keadaan yang tidak sengaja. Berikut saya akan berbagi informasi mengenai kesalahan apa yang jadi penyebab gagal test wawancara kerja, lihat

Penampilan yang kurang bagus

Banyak yang bilang, “you are what you wear”, artinya sifat anda itu tergantung dari apa yang anda kenakan. Si pewawancara sering melihat dahulu penampilan pelamar terkait pakaian yang dipakai pelamar. Apakh udah rapi atau belum, mencolok atau tidak, bagaimana bentu rambutnya, disisir rapi atau tidak, apakah pemakaian acsesorisnya bagus apa tidak, dan lain sebagainya. Dengan penampilan yang menari , bisa bikin kepercayaan diri si pelamar meningkat, jadi ketika menjawab pertanyaan interviewer juga lancar.

Kurang fokus terhadap interviewer

Saat test wawancara kerja sedang berlangsung, pelamar kudu fokus kepada interviewer, dengan artian tidak menatap mata si interviewer lho, nanti malah kena hipnotis,,..hehe bercanda. Banyak dari sahabat karir yang sedang melaksanakan tst wawancara kerja fokusnya tidak k interview, misalnya dengan sering melihat jam tangan itu memberi kesan bahwa si pelamar sedang dikejar waktu. Selain itu ada juga yang datang langsung dengan muka cemberut karena sedang memikirkan banyak hutang..aneh-aneh saja ya. So, kudu fokus dan fokus.

Tidak sarapan atau makan

Penting bagi si pelamar yang sedang menjalankan test wawancara kerja untuk mengisi tenaga dulu atau makan dan minum secukupnya. Hal ini berdampak pada konsentrasi pelamar dalam menjawab pertanyaan interviewer biar gak ngaco kemana-mana gak nyambung. Nanti ditanya pernah kerja apa belum jawabnya saya pengen meniti karir dulu..haha

jangan Datang terlambat

Kesalahan seperti ini banyak sekali terjadi ketika akan test wawancara kerja, alasannya sih bermacam-macam, ada yang macet lah, nyasar lah, ada yang ketiduran..haha. apapun alasan itu, itu temasuk hal yang kurang baik menurut peniliaian interviewer. Pelamar akan dianggap sebagai orang yang tidak bisa mengatur waktu atau orang yang tledor. Jadi usahakan kesalahan yang begini ini jangan sampai terjadi.

Sopan santun dalam perkataan dan olah tubuh

Sopan santun ini juga penting lho sahabat, dalam test wawancara kerja, pewawancara juga banyak menilai perilaku atau sifat pelamar dari cara bahasa dan olah tubuh. Jadi kebiasaan kaya ngerumpi di warteg kudu dihilangkan ya, biar gak kebawa saat test wawancara kerja.

Tegas pada pendirian dan keyakinan

Pewawancara sering memberi pertanyaan yang menjebak. Ya hal ini sering dilakukan interviewer untuk menguji tentang pendirian dan keyakinan dari si pelamar terhadap argumennya. Apabila tidak tegas maka pelamar tidak bisa mempertahankan argumennya. Mempertahankan pendapat itu tidak harus dengan nada yang keras seperti mau perang..:D. Kita yakinkan kepada interviewer akan pendapat tersebut dengan argumen-argumen yang meyakinkan.

Kurang mengetahui seluk beluk jabatan atau posisi yang dilamar

Pemahan mengenai seluk beluk jabatan atau posisi yang dilamar sangatlah penting dalam menjawab pertanyaan saat test wawancara kerja. Sangatlah ironis ketika ditanya posisi atau tugas apa yang akan dijalankan ketika diterima, tidak bisa menjawab. Maka sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu baik dari internet atau orang yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

mengatasi kesalahan dalam wawancara

mengatasi kesalahan dalam wawancara
begitu banyak kesalahan yang kita lakukan sehingga berakibat gagal dalam test wawancara kerja. maka dari itu sebaiknya kita harus mempersiapkan betul-betul sebelum melaksanakan test wawancara kerja. baik dari segi penampilan, pengetahuan tentang seluk beluk pekerjaan yang dilamar, persiapan fisik dan psikologi, perilaku ketika berbicara kepada orang lain

Baik, mungkin itu saja sahabat karir kesalahan yang jadi penyebab gagal test wawancara kerja yang dapat saya berikan ke sahabat karir sekalian yang sedang resah mau menghadapi test wawancara kerja. Semoga bermanfaat ya..saya doakan lancar dan lolos…aminnn
Wasalam.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.