Ingin tahu kriteria calon karyawan yang paling dicari perusahaan ??? Intip disini yuk!!

kriteria calon karyawan yang paling dicari

kriteria calon karyawan yang paling dicari
Halo Sahabat karir! Setelah penulis sharing tentang berbagai tips wawancara kerja, kali ini penulis akan sharing tentang kriteria-kriteria calon karyawan yang paling dicari perusahaan. Percuma kan tau tentang tips-tips wawancara kerja tapi nggak tau apa sih sebenarnya yang diinginkan perusahaan. Jadi… kali ini penulis kasih nih bocorannya.

Bagi sahabat karir yang lagi buat nglamar kerja atau yang mengalami kegagalan saat ngalamar kerja nggak ada salahnya lho buat baca artikel ini nih! Siapa tahu bermanfaat bagi sahabat karir semuanya!

Sebuah perusahaan pastilah punya daftar kriteria-kriteria yang dipakai untuk tolak ukur dalam rekrutmen calon pegawai. Dalam perekrutan karyawan, perusahaan menghasbiskan biaya yang nggak sedikit jadi nggak mungkin dong perusahaan milih sembarangan orang buat direkrut. Maka dari itu, perusahaan menetapkan kriteria-kriteria buat milih kandidat pegawai tersebut. Memang sih tiap posisi punya kriteria yang berbeda. Tapi ada beberapa kriteria-kriteria wajib yang jadi penilaian perusahaan.
Bagaimana cara menilainya? Tentu saja tidak lain dan tidak bukan melalui wawancara kerja! Dari sikap dan jawaban yang kamu berikan, dapat memperlihatkan karakter sahabat karir nih. Untuk itu, sahabat karir harus jeli nih jenis pertanyaan apa yang ditanyakan oleh pewawancara dan harus tahu gimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
kriteria calon karyawan yang paling dicari perusahaan
Baca juga : Tips menjawab pertanyaan wawancara

Nah, Apa aja sih yang diinginkan oleh perusahaan saat merekrut karyawan? sahabat karir Ingin tahu kriteria-kriteria calon karyawan yang paling dicari? Disimak ya!!.

Kriteria Calon Karyawan yang Paling dicari Perusahaan

TINGKAT SDM

calon karyawan yang dicari
Kriteria yang pertama ini merupakan patokan yang penting dimiliki oleh calon karyawan. Tentu saja perusahaan akan memilih calon karyawan dengan tingkat SDM yang baik. Seseorang dengan tingkat SDM yang baik akan tangguh, mampu berpikir dengan baik dan juga menghadapi berbagai situasi dengan baik pula. Inilah yang dicari oleh suatu perusahaan. Dengan begitu, perusahaan berharap dia akan memberikan kontribusi yang besar demi kemajuan perusahaan. Tapi tentu saja harus diimbangi dengan kriteria-kriteria lainnya.

LOYALITAS

kriteria karyawan yang dicari
Apakah pelamar memiliki loyalitas yang tinggi atau tidak? Hal ini temasuk kedalam kriteria karyawan yang dicari oleh berusahaan. Mengapa begitu? Karena untuk merekrut karyawan, sebuah perusahaan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu, perusahaan berharap kandidat yang terpilih nantinya akan bekerja dengan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaannya. Karyawan yang mau dan mampu bekerja sama dengan kesetiaan yang tinggi.

INTEGRITAS
kriteria karyawan yang dicari perusahaan
Hal ini berhubungan dengan bagaimana seseorang berfikir dan bersikap dalam menghadapi berbagai macam situasi. Syarat ini juga menjadi salah satu kriteria yang dicari oleh perusahaan. Tentu saja perusahaan tidak akan memilih kandidat yang sembarangan karena nantinya kandidat tersebut terlibat dalam kemajuan perusahaan. Pastinya perusahaan akan memilih kandidat yang punya karakter kuat. Kalau sahabat karir dirasa mempunyai integritas, percaya deh perusahaan akan mempertimbangkan sahabat karir untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut.

AMBISI
karyawan yang dicari perusahaan
Nah, perusahaan juga akan lebih memilih kandidat yang berambisi. Saat wawancara kerja, mungkin kamu akan ditanyai tentang rencana 5 tahun atau 10 tahun mendatang. Nah itu berarti pewawancara lagi menyelidiki ambisimu terhadap perusahaan. Tapi ingat! Jangan berikan jawaban yang terlalu muluk-muluk hingga terlihat impossible to do. Berikan jawaban yang konkret-konkret saja berdasarkan kondisimu dan tentu saja yang berhubungan dengan kemajuan perusahaan.

FAST LEANER

calon karyawan yang paling dicari perusahaan
Apakah kamu seorang tipe FAST LEARNER? Jika ya, selamat buat kamu! Karena kamu masuk dalam kriteria yang paling dicari perusahaan. Perusahaan akan memilih kandidat yang pastinya bisa belajar dengan cepat. Perusahaan akan cenderung memilih tipe fast learner karena hal itu akan mempercepat gerak perusahaan dan juga tidak buang-buang waktu.

Itu tadi kriteria-kriteria wajib seorang calon karyawan yang dicari oleh perusahaan. Semoga bermanfaat bagi sahabat karir yang ingin melamar kerja dan juga yang sampai saat ini masih mengalami kegagalan. Jangan putus asa ya! Keep Fighting!

salam.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.