HAL-HAL INI WAJIB KAMUPERHATIKAN SEBELUM MENANDATANGANI KONTRAK KERJA!

kontrak kerja

Setelah mengikuti berbagai tes yang cukup panjang dan melelahkan, merupakann kabar yang menggembirakan jika kamu dinyatakan lolos dan siap bergabung dengan perusahaan yang meloloskanmu. Tapi sebelum benar-benar sah dan mendapatkan ucapan “Selamat bergabung di perusahaan kami”, ada 1 step lagi yang harus kamu lewati, yaitu bahwa kamu akan disodori sebuah dokumen yang disebut dengani kontrak kerja dan kamu harus menandatanganinya.

kontrak kerja

Apa yang dimaksud dengan kontrak kerja? Kontrak kerja merupakan dokumen atau perjanjian tertulis antara perusahaan dan karyawan baru. Ketika kamu menandatangani dokumen ini, berarti kamu bersedia untuk bergabung menjadi bagian dari perusahaan yang telah meloloskanmu. Dokumen inilah yang juga merupakan sebagai perlindungan bagi karyawan sehingga tidak ada pihak yang akan merasa dirugikan. Dokumen ini bisa dibuat dalam 2 eksemplar atau lebih dan harus ditandatangani antara kedua belah pihak.

Sebelum menandatangani dokumen tersebut, sebaiknya sahabat karir baca setiap detailnya karena didalam kontrak kerja terdapat hak dan kewajiban yang harus kamu penuhi sebagai seorang karyawan termasuk job description dan sistem imbalan/gaji, dan masih banyak lainnya. Jangan sampai kamu menyesal karena melewatkan informasi yang ada didalamnya atau hak dan kewajiban kamu tidak sesuai dengan harapanmu. Jadi perhatikan baik-baik ya

HAL-HAL INI WAJIB KAMUPERHATIKAN SEBELUM MENANDATANGANI KONTRAK KERJA!

menandatangani surat perjanjian kerja

Jadi apa saja sih yang harus diperhatikan dalam kontrak kerja? Baiklah, didalam kontrak kerja terdapat hal-hal penting yang mempengaruhi kerjamu. Nah, hal-hal ini wajib kamu perhatikan sebelum menandatangani kontrak kerja
– Sistem pengangkatan – Yang pasti ada di dalam kontrak kerja yaitu harus tertulis jabatan dan sebutan yang akan kamu dapatkan dalam perusahaan tersebut. Selain itu, juga tertulis rincian tugas dan tanggung jawab atau job description kamu didalam perusahaan tersebut.

Note:
• Perhatikan job description sedetail mungkin. Jangan sampai di masa depan kamu dibebani dengan pekerjaan yang tidak sesuai dengan job description kamu.

– Sistem imbalan – Sistem imbalan atau biasa disebut dengan “gaji” juga tertulis didalam kontrak kerja
Note:
• Pastikan bilangan gaji yang tertulis didalam kontrak kerja tertulis dengan jelas. Perhatikan secara seksama jumlah bilangannya. Hindari persoalan-persoalan yang muncul hanya karena perbedaan jumlah dalam yang tertulis didalam kontrak kerja dan kenyataannya.

• Bahkan jika mungkin ada perubahan karena suatu kondisi tertentu, kamu juga harus tahu dengan jelas.
• Selain itu, jika ada tunjangan atau fringe benefit juga harus tertulis didalam kontrak kerja tersebut. Semuanya harus tertulis dengan jelas.

– Jadwal dan Agenda Kerja – Jadwal dan agenda kerja yang harus kamu patuhi juga tertulis didalam kontrak kerja. Sehingga semuanya memang sudah jelas dari awal.
Note:
• Jadwal kerja juga harus tertulis dengan jelas didalam kontrak kerja, termasuk juga jam kerja resmi, jam lembur, atau shift jika diberlakukan sistem shift.

• Lokasi kerja juga harus tertulis dengan jelas. Jangan sampai kamu keluar dari kerjaan hanya karena lokasi pekerjaan tidak sesuai dengan ekspektasimu. Misalnya saja seharusnya kamu ditempatkan dikantor, tetapi pada kenyataannya kamu lebih banyak turun dilapangan atau ditempatkan didaerah terpencil.

– Tata tertib dan disiplin kerja – hal ini juga tertulis dalam kontrak kerja . Penulisan tata tertib dan disiplin kerja ini bisa dibilang untuk melindungi perusahaan. Perusahaan perlu menuliskan tata tertib dan disiplin agar karyawan tidak bertindak seenaknya dan bisa bersikap profesional.
Note:
• Pada beberapa perusahaan tertentu, tata tertib dan disiplin ini menyangkut informational propriety yang harus kamu jaga dan tidak boleh bocok ke perusahaan lain.

– Sistem pemutusan hubungan kerja – Point ini membahas tentang kondisi-kondisi apa saja yang memungkinkan seorang karyawan mengalami pemutusan hubungan kerja. Poin ini juga berguna untuk melindungi perusahaan. Jika terjadi pelanggaran kontrak kerja yang dilakukan oleh karyawan, perusahaan berhak memutuskan hubungan kerja atau memberhentikan karyawannya. Seorang karyawan harus memahami hal ini. Pada umumnya, calon karyawan ditanyai pada sesi wawancara apakah siap untuk bekerja dengan sebaik-baiknya.

Itu tadi hal-hal yang wajib kamu perhatikan sebelum menandatangani kontrak kerja. Jika kamu sudah benar-benar yakin dengan isi kontrak kerja tersebut, silahkan menandatanganinya. Dan setelah kamu menandatangani kontrak kerja tersebut. Sah. Kamu telah berbagung dengan perusahaan barumu. Kamu harus siap dan berpartisipasi dalam pembangunan perusaahaan yang barumu sebagai wujud dari kompetensimu.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.