CARA TEPAT MENUNJUKKAN POTENSI DIRI DALAM WAWANCARA KERJA!

Cara Tepat Menunjukkan Potensi Diri Dalam Wawancara Kerja

Halo sahabat karir! Kalian pernah sampai di tahap wawancara kerja tapi gagal? Penasaran kenapa kok bisa gagal? Hmmm…. Mungkin ada yang salah nih dengan caramu menyampaikan sesuatu. Bagi perusahaan, wawancara kerja merupakan suatu tahapan yang sangat krusial untuk mendapatkan gambaran dan potensi yang utuh dari pelamar. Jadi, disini kamu harus bisa eksplore dan tunjukkan potensi dirimu. Tapi tetap kendalikan emosimu dan jangan sampai terkesan pamer. Buatlah pewawancara terkesan dengan potensimu.
Cara Tepat Menunjukkan Potensi Diri Dalam Wawancara Kerja

Saat wawancara kerja, banyak calon karyawan yang mungkin berlomba-lomba untuk menunjukkan potensi diri mereka. Bicara ini itu. Ngomongin kemampuannya yang wah dan prestasinya yang seabrek. Tapi, malah ada yang kelihatan menyombongkan dirinya atu terlalu membanggakan dirinya. Tapi nyatanya bukan sesuatu yang diharapkan oleh pewawancara. Dan alhasil mereka gagal. Padahal ada lo cara yang lebih tepat menunjukkan potensi diri yang elegan dalam wawancara. Gimana sih cara nya? Sahabat karir pengen tau kan?

Okelah, kali ini penulis akan berbagi tentang bagaimana sih cara tepat menunjukkan potensi diri dalam wawancara kerja. Simak ya ulasan berikut ini:

CARA TEPAT MENUNJUKKAN POTENSI DIRI DALAM WAWANCARA KERJA!

Inilah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan potensi dirimu dalam wawancara kerja:

Baca visi misi perusahaan

cara menunjukkan potensi diri dalam wawancara kerja
Kenali dan pahami seluk beluk perusahaan yang kamu lamar. Setiap perusahaan pasti memiliki visi misi dan struktur organisasi perusahaan. Nah, cobalah cari data-data tentang visi misi dan stuktur organisasi perusahaan serta job description dari jabatan yang kamu inginkan. Saat kamu tau banyak tentang perusahaan dan kamu bisa menjawab dengan lugas ketika ditanya dalam wawancara kerja, kamu sudah mempunyai daya tarik tersendiri bagi pewawancara. Dengan memahami dan mempelajari seluk beluk perusahaan yang kamu lamar, pewawancara akan berpikir jika kamu memang memiliki minat dan sungguh-sungguh ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Tunjukkan sikap yang meyakinkan saat wawancara kerja

MENUNJUKKAN POTENSI DIRI DALAM WAWANCARA KERJA
Sikap yang ditunjukkan oleh seorang calon karyawan juga merupakan faktor yang penting saat wawancara kerja lho. Kesan pertama yang kita berikan bisa jadi menentukan langkah-langkah selanjutnya. So, tunjukkan sikap professional dan berwibawa. Selain itu, jangan mengemukakan pendapat pribadi (seperti, menurut saya………., mungkin……, bisa jadi…….), make an eye contact dengan lawan becara, jangan terlihat kalau sedang gugup atau berfikir. Saat kamu terlihat ragu, saat itulah pewawancara juga meragukan kualitas dirimu. Jadi tunjukkan kepastian! Jika ada pertanyaan meluncur dari pewawancara, jawablah dengan padat, jelas, dan berisi, serta berkualitas.

Kembangkan cara berfikir positif

potensi diri saat wawancara kerja
Gunakan dan kembangkan cara berfikir yang positif. Tunjukkan attitude yang baik. Jangan berusaha menjatuhkan dan menunjukkan kelemahan lawan. Bisa jadi kamu sedang menunjukkan kelemahanmu sendiri. Daripada menunjukkan kelemahan lawan, mending kita fokus pada kelebihan diri kita sendiri. Berilah jawaban pada setiap pertanyaan dalam cara yang bisa menggambarkan keinginanmu dan apa yang dapat kamu berikan untuk perusahaan. Eksplore potensi dirimu dan kecerdasanmu tapi tetap kendalikan emosi, jangan terjebak pada kesan pamer atau hanya omong doang.

Akui Senioritas dan profesionalitas mereka

MENUNJUKKAN POTENSI DIRI
Para pewawancaramu adalah expert dalam bidangnya masing-masing. Mereka bisa jadi menentukan diterima atau tidaknya kamu di perusahaan yang kamu lamar. So, akui dan hargai profesionalitas mereka. Tunjukkan sikap rendah hati. Jangan terkesan lebih pintar dan ahli dari mereka meskipun kamu bisa.

Itu tadi beberapa cara yang tepat menunjukkan potensi dirimu dalam wawancara kerja. Kamu nggak perlu menonjolkan dirimu secara berlebihan. Biarkan mereka membaca potensimu! Tunjukkan kualitas dirimu! Buat pewawancara terpesona pada kualitas dan potensimu saat kamu melenggang keluar ruangan. Pelajari juga tips kerja lainya disini.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.