Bingung membuat surat lamaran kerja yang baik?disini solusinya

surat lamaran kerja

Apakah sahabat karir sedang kebingungan membuat surat lamaran kerja yang baik? Bagaimana struktur penulisannya, menyusun kata-katanya, dan lain-lain. Surat lamaran kerja memang salah satu persyaratan yang paling penting dari semua persyaratan tentang lamaran kerja. Karena dari situ user bisa tau mengenai data dari si pelamar, kelengkapan berkas-berkas. Bagi yang sudah berpengalaman tentu tidak lah mudah dalam menulis dan merangkai kata-kata yang baik dan tepat. Namun bagaimana dengan pemula?pasti itu sangat memusingkan bukan.

di era sekarang banyak syarat pendaftaran yang hanya mengisi form pendafaran yang telah teredian di internet.namun ada juga yang masih menggunakan cra manual dengan mengirimkan surat lamaran kerja. cara bagaimanapun itu mutlak teserah si penerima kerja. kita sebagai pelamar cuma mengikuti aturan yang ada

Surat lamaran kerja dibuat maksimal hanya satu halaman saja, entah itu menggunakan kertas kuarto ataupun folio. saran saya sih menggunakan kertas folio, biar kalau datanya banyak bisa keisi semua. Bentuknya juga sangat sederhana. Karena kalau terlalu panjang, interviewer atau user akan merasa tidak nyaman membaca surat lamaran kerja yang terlalu ribet dan panjang.

surat lamaran kerja yang baik

surat lamaran kerja
Berikut saya akan berbagi mengenai tips membuat surat lamaran kerja yang baik, lihat baik-baik :

Bagian Kepala Lamaran (Paling Atas)

Di bagian kepala surat lamaran kerja ini, sahabat karir kudu menulis kepada siapa surat lamaran kerja tersebut ditujukan. Biasanya saya mengawali dengan kata-kata “kepada yth…..”. tulisan ini dicetak dengan huruf tebal (bold). Tujuan penerima lamaran ini kudu sama dengan tujuan pnerima lamaran kerja yan tertulis di iklan lowongan kerja. Perhatikan betul-betul mengenai penyusunan huruf nama perusahaan (besar atau kecil hurufnya). Karena jika terjadi kesalahan dalam mengeja atau menulis tujuan lamaran sudah salah, penerima kerja akan beranggapan bahwa anda adalah orang yang ceroboh dan tidak teliti.

Bagian Tengah/isi

Di bagian ini, terdiri dri 3 bagian, antara lain kalimat pembuka, kalimat isi, dan kalimat penutup.

Kalimat pembuka

Biasa diawali dengan kalimat “Dengan hormat”, setelah itu disusul dengan satu kalimat yang menyebutkan dari nama pelamar mendapatkan informasi lowongan kerja dan posisi/jabatatan yang akan dilamar.

Kalimat isi

Berisi mengenai keunggulan-keunggulan apa yang bisa dijual, istilahnya sih menjual diri..tapi dalam artian baik lho..:). Tujuannya agar penerima kerja tertarik dan akan mengundang anda untuk test selanjutnya.
– Kalimat Penutup
Dibagian kalimat penutup saya biasanya menulis satu atau dua kalimat yang menyebutkan bahwa saya berharap untuk dipanggil mengikuti test selanjutnya, alias ngarep..:D . selanjutnya menuliskan alamat email atau nomor telephone. Ini sebagai bukti kalau saya bener – bener serius melamar kerja ini.

Bagian Penutup

Bagian penutup ini terdiri dari dua hal, yakni Tempat dan tanggal dibuatnya surat lamaran kerja serta nama, tanda tangan :
– Tempat dan Tanggal dibuatnya surat lamaran kerja
Jangan lupa menuliskan nama kota dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja, tujuannya yaitu agar penerima bisa melihat tanggal apakah surat lamaran kerja tersebut sudah kadaluwarsa atau belum berdasarkan tanggal yang tercantum pada tanggal dibuatnya surat lamaran kerja.
– Nama Terang dan Tanda tangan
Semua berkas lamaran kerja adalah dokumen mati..dihh serem bener.. mengapa disebut dokumen mati? Ya karena seluruh dokumen yang pelamar buat itu dicetak menggunakan mesin. Tidak ada satupun yang menunjukkan bukti kehadiran pelamar disitu, kecuali tanda tangan pelamar. Oleh karena itu tanda tangan tersebut penting sekali. Karena jika tidak ada tanda tangannya, pasti surat lamaran kerja sahabat semua akan diremas dan dibuang gitu aja ketempat sampah. Penerima kerja akan menganggap surat lamaran kerja itu lamaran kerja mati. Jadi sahabat karir semua jangan pernah lupa untuk memububuhkan tanda tangannya di surat lamaran kerja yang dibuat ya.

Gitu aja sahabat karir semua mengenai tips membuat surat lamaran kerja yang baik. jika anda sedang kebingungang mencari tips untuk persiapan sebelum test wawancara kerja, bisa lihat disini. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat karir semua yang sedang galau bikin surat lamaran kerja. Tak henti-hentinya penulis mendoakan sahabat karir semua supaya dimudahkan dalam meraih mimpi-mimpinya..semangat!!
Wasalam.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.