Berkenalan dulu dengan Tes Buta Warna yuk!

tes buta warna

tes buta warna
Sahabat karir pasti sudah familiar dengan yang namanya tes buta warna kan? Atau mungkin sebagian besar sudah pernah menjalaninya? Ya,saat bikin SIM atau surat ijin mengemudi, sahabat harus melalui tes buta warna ini atau saat tes kesehatan juga. Selain saat bikin SIM, tes buta warna ini juga berlaku untuk seleksi masuk kerja lo. Meskipun tidak semua seleksi masuk kerja menggunakan tes buta warna, namun banyak juga perusahaan yang menggunakan tes ini sebagai cara untuk menyeleksi calon karyawan terutama perusahaan yang memang membutuhkan pegawai yang memiliki kecermatan tinggi dalam membedakan warna. Misalnya saja pekerjaan yang berhubungan dengan bidang kimia, kedokteran, elektronika, dan farmasi. Meskipun tidak semua tes masuk kerja menggunakan jenis tes ini, tapi untuk menambah wawasan kita tentang berbagai tes masuk kerja, nggak ada salahnya kita berkenalan dulu dengan tes buta warna yuk!

Apa sih buta warna itu?

Nah pertama-tama, sahabat karir harus tau nih apa sih yang dimaksud dengan “buta warna” itu? buta warna merupakan suatu ketidakmampuan mata untuk membedakan warna. Nah buta warna ini ada 2 macam, yaitu buta warna total yang hanya bisa melihat warna hitam putih saja (monokromat) dan buta warna separuh. Buta warna separuh sendiri ada 3 macam, yaitu yang tidak bisa membedakan warna merah (protanopia), biru (tritanopia) dan hijau (deuteranopia)
Nah, ada berbagai macam bentuk tes buta warna. Salah satu tes yang paling popular digunakan diberbagai instansi untuk mendeteksi persepsi warna seseorang yaitu TES ISHIHARA.

Apa itu tes ISHIHARA?

berkenalan tes buta warna
Tes ishihara merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui gangguan persepsi warna yang berupa table warna khusus berupa gambar-gambar pseudoisokromatik yang disusun oleh titik-titik dengan kepadatan warna berbeda yang dapat dilihat dengan mata normal, tetapi tidak dapat dilihat oleh orang yang memiliki gangguan persepsi warna atau buta warna. Tes tersebut diembangkan oleh DR. Shinobu Ishihara tahun 1917 dan masih menjadi pilihan popular untuk mendeteksi buta warna pada seseorang. Tes ini secara relaif dapat dipercaya dalam membedakan antara defisit warna merah dan defisit warna hijau.

Gimana sih bentuk tes ISHIHARA ini?

Nah, tes buta warna Ishiraha terdiri daru kembaran yang didalamnya terdapat titik-titik dengan warna dan ukuran yang bervariasi yang disusun membentuk lingkaran. Didalam lingkaran tersebut terdapat pola yang membentuk angka atau garis.

Dalam tes ini, calon karyawan diminta untuk menyebutkan angka atau mengikuti alur garis yang terdapat pada titik-titik warna berbentuk lingkatan selama kurang lebih 10 detik. Nah, disini, orang normal akan bisa melihat angka atau garis dengan tepat, tetapi orang yang buta warna tidak akan berhasil melihat angka ataupun garis dengan tepat atau bahkan tidak bisa melihatnya. Berikut, penulis berikan contoh gambar dan penjelasan dari tes Istihara. Hasil tes tersebut kemudian dicocokkan dengan kunci jawaban untuk selanjutnya diidentifikasi. Jika termasuk ke dalam buta warna, kemudian diklasifikasikan jenis buta warnanya.

Ini dia beberapa contoh tes ishihara yang sering muncul dalam berbagai tes

kenali tes buta warna
Orang dengan penglihatan normal akan melihat angka 29. Sedangkan orang yang memiliki kecenderungan buta warna merah atau hijau akan melihat angka 70

berkenalan dengan tes buta warna yuk
Orang dengan penglihatan normal akan melihat angka 3. Sedangkan orang yang memiliki kecenderungan buta warna merah atau hijau akan melihat angka 5.

berkenalan dengan tes buta warna
Orang dengan penglihatan normal akan melihat angka 8. Sedangkan orang yang memiliki kecenderungan buta warna merah atau hijau akan melihat angka 3

tes buta warna yuk
Orang dengan penglihatan normal akan melihat angka 57. Sedangkan orang yang memiliki kecenderungan buta warna merah atau hijau akan melihat angka 35.

Nah, itu tadi sedikit berkenalan dengan tes buta warna. Semoga dapat menambah wawasan sahabat karir tentang berbagai tes yang mungkin diadakan oleh suatu perusahaan. Penulis berharap semoga penjelasan ini dapat membantu sahabat karir dalam mempersiakan tes yang akan diikuti.untuk informasi tentang karir lainnya bisa dilihat disini. Semoga sukses!

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.