BERBAGI PENGALAMAN TES CUSTOMER SERVICE BANK BTN

customer service bank btn

customer service bank btn
Halo sahabat karir, bagaimana kabarnya?. Pada kesempatan kali ini, tim kami ingin berbagi tentang pengalaman tes Customer Service bank btn. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau biasa dikenal dengan BTN adalah sebuah perseroan terbatas yang bergerak di bidang penyedia jasa perbankan. Bank ini merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang pertama kali didirikan pada tahun 1987. Saat itu bank ini masih bernama Postspaar Bank yang terletak di Batavia.

Selanjutnya Jepang membekukan kegiatan bank tersebut dan mengganti nama menjadi Chokin Kyoku. Pemerintah Indonesia mengambil alih dan mengubah namanya kembali menjadi Bank Tabungan Pos sesuai dengan Undang-Undang Darurat Nomor 9 Tahun 1950. Beberapa tahun berselang tepatnya pada tahun 1963, bank ini kembali berganti nama menjadi Bank Tabungan Negara atau biasa dikenal dengan BTN.

pada tahun 2002 yang menempatkan BTN sebagai bank umum dengan fokus pinjaman tanpa subsidi untuk perumahan. Hal ini dibuktikan dengan keluarnya surat dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tanggal 21 Agustus 2002.Dengan visi “menjadi bank yang terkemuka dalam pembiayaan perumahan” Bank BTN nyatanya telah menjadi salah satu bank terkemuka di Indonesia.

Dengan semakin berkembangnya bank BTN, maka tidak sedikit orang yang ingin bergabung untuk menjadi bagian dari Bank BTN. hampir setiap stand di Job Fair pasti Bank BTN termasuk perusahaan yang paling banyak dilamar. dan berikut tim kami ingin berbagi pengalaman tes Customer Service bank BTN.

Tahapan Tes Customer Service Bank BTN

bank btn

1. Tes Administrasi

Berawal dari melihat iklan lowongan kerja di cdc.uns.ac.id saya mencoba memasukkan lamaran kerja di Bank BTN posisi Customer Service.kebetulan waktu itu saya baru saja lulus ujian skripsi dan sambil menunggu wisuda. tak lama setelah saya mendaftar di Bank BTN, saya mendapat sms bahwa saya lolos seleksi tahap awal yaitu tes administrasi. tes tahap awal ini kita cukup mengumpulkan berkas sesuai persyaratan yang telah ditentukan. apabila kita memenuhi kualifikasi dan berkas lengkap, maka kemungkinan besar akan lolos tes administrasi.

2. Tes Papikostik

setelah lolos administrasi, tes selanjutnya adalah tes papikostik. awalnya saya belum banyak mengetahui tentang Bank BTN, selanjutnya saya mempersiapkan segala keperluan untuk tes tersebut. tes papikostik ini berkaitan dengan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab pertanyaan, karena ada batasan waktu. biasanya peserta diberi lembaran kertas jawaban dan kertas untuk coretan ketika ada tes menghitungnya. soal yang diujikan dalam tes papikostik ini biasanya seputar Bank BTN, Visi dan Misi, tugas teller, customer service, dan pengetahuan umum lainnya. tips untuk bisa lolos di tahapan ini, sahabat karir mesti harus banyak membaca webnya bank BTN. serta membaca literatur lainnya. setelah menjalani tes papikostik, para peserta disuruh untuk maju dn di foto seluruh badan satu per satu. mungkin karena formasi yang dibutuhkan untuk bagian frontliner, maka harus diambil yang badannya proposional dan rapi. maka berpakaian dan berdandan yang menarik dan tidak berlebihan.

3. Tes Focus Group Discussion (FGD)

Tahapan tes di bank BTN ini tergolong sangat cepat, dalam kurun waktu 1 minggu alhamdulillah saya dapat sms bahwa saya lolos ke tahap selanjutnya, yaitu tes Focus Group Discussion atau yang biasa disebut FGD. pelaksanaan Tes FGD di RSJ jebres, solo. berlangsung dari pukul 08.00 – 15.00 wib.
baca : ulasan mengenai tes FGD
dalam Tes FGD ini peserta diharapkan untuk aktif dalam menanggapi setiap permasalahan yang diberikan. aktif disini bukan berarti super aktif, ada waktu tertentu dalam menanggapi maupun mengajukan pertanyaan. jangan terlihat terlalu agresif karena akan mengurangi banyak nilai. agresif berarti terlalu mendominasi dan tidak mau diajak kerjasama. karena di perusahaan yang dibutuhkan adalah kerjasama tim.

4. Tes Kesehatan

Seminggu kemudian, saya dapat pengumuman lolos ke tahap selanjutnya, yaitu Tes Kesehatan. sebelum menjalan Tes ini, peserta diharapkan untuk berpuasa pada malam harinya. ya minum air putih juga boleh. pada tes kesehatan ini yang di periksa lumayan banyak. mulai berat badan, tinggi badan, periksa urine, darah, rekam jantung, THT. tips sebelum menjalani tes kesehatan haruslah banyak mengkonsumsi makanan dan buah yang bergizi serta rutin melakukan olah raga.

5. Wawancara User

setelah dinyatakan lolos Tes Kesehatan, tahapan tes yang terakhir ini ialah Tes Wawancara User, pada tahap ini iterviewer ialah yang akan menjadi pimpinan di kantor atau kepala cabang.
baca juga : tips interview user
pertanyaan yang diajukan interviewer diantaranya soal siapa diri kita, aktifitas kita baik di dalam kampus maupun diluar kampus.motivasi kerja di bank BTN, apakah bersedia ditempatkan dimana saja dan beberapa pertanyaan mengenai bank BTN. saran saya dalam menjawab pertanyaan harus jujur dalam menjawab, dan sebelumnya harus mempelajari dulu mengenai seputar perusahaan, karena akan terkesan kurang baik kalau kita sama sekali tidak tau tentang posisi , tugas maupun visi dan misi perusahaan yang akan dilamar. penampilan dan gestur tubuh juga sangat menunjang, untuk itu berdandan dan berpakaian yang rapi, sopan dan tidak menor.
baca : gaya dan penampilan saat wawancara kerja

selang beberapa hari, saya melihat penguman di web resmi Bank BTN, alhamdulillah saya Lolos dan diterima sebagai Customer Service Bank BTN. sekarang saya bertugas di daerah solo. mungkin itu yang dapat saya bagi menganai pengalaman tes customer service bank BTN, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat karir semua. jangan patah semangat.

salam

1 I like it
1 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.