BERBAGI PENGALAMAN TES PT POS INDONESA

Pengalaman Tes PT Pos Indonesia

Pengalaman Tes PT Pos Indonesia

Hallo sahabat karir semua, kali ini kami tim penulis ingin berbagi Pengalaman Tes PT.Pos Indonesia. merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. Namun seiring perkembangan jaman, PT.
Pos Indonesia tidak terbatas hanya dalam dunia perposan, tetapi juga dalam dunia keuangan. Fasilitas transfer uang melalui Pos Indonesia bisa dinikmati oleh para pelanggannya. Fasilitas pembayaran tagihan listrik, air, dan telepon pun bisa dinikmati di kantor-kantor Pos Indonesia. Berbagai kemudahan yang ditawarkan dalam pelayanan Pos Indonesia terhadap pelanggannya merupakan suatu strategi yang diambil oleh Pos Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

TAHAPAN TES PT POS INDONESA

Menjadi bagian dari PT. Pos Indonesia memang menjadi impian banyak orang termasuk salah satu tim penulis yang saat ini berhasil lolos tes PT.Pos Indonesia. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi pengalaman Tes PT. Pos indonesia. Bagaimana tahapan seleksi tes PT Pos Indonesia dan beberapa tips agar dapat lolos tahapan seleksi Tes.

Tes PT Pos Indonesia

1. Tes Potensi Akademik

Waktu itu saya baru lulus kuliah tahun 2011, setelah melihat web PT. Pos Indonesia ada lowongan kerja PT. Pos indonesia, tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar. Kalau waktu itu masih menggnakan sistim manual dengan mengirim surat lamaran kerja beserta syarat-syaratnya ke Kantor Pos Pusat Bandung dengan menggunakan Pos Express. Kalau sekarang sudah enak menggunakan sistem online, jadi tinggal klik saja.

Karena terlalu banyak lowongan kerja yang didaftar sampai lupa mengechek pengumuman di web resmi PT. Pos Indonesia, akhirnya dapat surat pemeritahuan lolos seleksi administrasi dari Pak Pos dan tes selanjutnya adalah Tes Potensi Akademik di Semarang (sesuai regional Pelamar). Jarak antara Pengumuman dan tes sekitar satu minggu lebih. Saran saya perbanyak latihan soal Tes Potens Akademik, mulai dari latihan soal bahasa inggris ( yang paling banyak soalnya), Matematika, ekonomi, Matematika dasar, dan pengetahuan umum lainnya. Banyak toko buku atau website yang menjual berbagai macam buku latihan Tes Potensi Akademik. Semakin banyak berlatih mengerjakan soal Tes Potensi Akademik, semakin terampil dan cepat kita mengerjakannya. Pada waktu sebelum Tes, usahakan datang lebih awal, karena menurut pengalaman saya, jika datang terlmbat ke tempat tes pati jadi tidak konsen mengerjakannya atau kalau lagi apes kita tidak boleh ikut tes. Selain itu berdoa dan minta doa restu orang tua, semoga dilancarkan dan lolos.

2. Psikotes

Setelah kira-kira 1 bulan menunggu Pengumuman hasil Tes Potensi Akademik, alhamdulillah saya lolos dan berhak mengikuti Psikotes. Dari setiap Regional sepertinya diambil setengah dari jumlah peserta yang lolos tahap tes seleksi sebelumnya. Tes ini hampir sama seperti Psikotes di perusahaan lainnya, antara lain Warteg Tes, Pauli, Gambar orang, dll. Saran yang dapat saya berikan ialah usahakan tiap hari untuk berlatih tes pauli, karena tahapan itu yang paling sulit menurut saya, tangan dan otak harus sinkron, jadi bisa ngerjain soal yang banyak. Selain itu pelajari juga tes lainnya agar bisa lancar mengerjakan.

Tiba waktunya Tes, jangan lupa bawa roti atau bekal dan minuman. Jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit. Karena Tes nya seharian, mulai dari jam 08.00 – 16.00. gak kebayang kan gimana lama, banyak soal dan lemesnya ngerjain Psikotes. Sebelum Tes harus disiapkan dulu stamina dan fisik, bisa dengan olah raga secukupnya. Karena Psikotes ini erat sekali dengan Konsentrasi, jika hilang konsentrasi maka besar kemungkinan akan gagal.

3. Tes Kesehatan dan Wawancara

Setelah 2 minggu menunggu Hasil Psikotes, alhamdulillah saya lolos. Bagi peserta yang lolos psikotes, tes selanjutnya diadakan di Bandung yaitu tes kesehatan dan wawancara. Ada sekitar 200 an peserta yang lolos ditahap ini. Tes diadakan 2 hari, hari pertama tes kesehatan dan hari berikutnya tes wawancara. Untuk tes kesehatan antara lain : Medical Check up, Tes Urin, darah, mata ronsen paru-paru, tekanan darah dan rekam jantung. Tips yang saya sarankan untuk menjaga pola makan, minum, dan jangan sering begadang. Hindari makanan yang berlemak dan mengandung koleterol, banyakin makan buah. Selain itu harus rutin olah raga untuk menjaga keseimbangan tubuh. Untuk lebih bagus lagi kalau kita melakukan medical check up dulu di laboratorium agar tahu kekurangnnya apa sehingga bisa kita perbaiki.

Untuk Tes Wawancara langsung ke User atau biasanya Pimpinan pusat dan didampingi oleh Psikolog. Pertanyaannya seputar kepribadian, pengalaman kerja, Pengalaman Organisasi, sekilas tentang PT.Pos Indonesia.
Tips : kalau punya temen atau kenalan psikolog atau hrd di perusahaan, bisa tuh konsultasi terkait tes ini. Ambil tips dari buku atau internet pengalaman teman-teman. Untuk mengasah agar lancar bisa ajak temen, pacar, sahabat atau keluarga (asal jangan mantan pacar..hehe…) untuk latihan bareng dengan cara tanya jawab

Bagi yang Fresh Graduate, kumpulin kelebihan kalian dibanding yang sudah pengalaman kerja. Selain itu jangan hanya nunggu hasil lamaran saja, bisa diisi dengan kegiatan dengan jualan online, kursus komputer dan ketrampilan lain, karena bisa jadi nilai lebih. Untuk yang sudah punya pengalaman kerja biasanya ditanya soal kerjaan dan prestasi apa yang sudah anda capai. Bagi yang fresh graduate biasanya pengalaman waktu organisasi dan prestasi apa yang dicapai ketika ikut berorganisasi.
Seminggu kemudian, alhamdulillah saya dinyatakan Lolos. Dan segera menandatangani Kontrak Perjanjian kerja, sebelum melaksanakan diklat.

Berikut pengalaman yang dapat penulis bagikan tentang Tes Pos Indonesia, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin atau sedang melamar pekerjaan di PT,Pos Indonesia. Semoga sukse selalu..selalu berdoa dan pantang menyerah.

Salam

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.