Bagamana Sih Persiapan Ikut Tes CPNS Sistem CAT BKN? Yuk Lihat Disini.

CAT BKN

Sistem perekrutan penerimaan CPNS mulai tahun 2013 sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekarang sudah mengunakan Tes CPNS sistem CAT BKN (Computer Assisted Test). Yaitu sistem seleksi atau penerimaan menggunakan komputer saat test. Sistem test ini diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Ada sisi positif dan negatif dari diberlakukannya sistem ini. Dengan adanya CAT ini peluang untuk melakukan kolusi dan Nipotisme semakin kecil. Karena publik akan langsung bisa melihat hasil testnya dan siapa yang akan lolos pada saat itu juga. Cara begini dibuat biar stigma negatif mengenai penerimaan menjadi PNS karena menyogok bisa perlahan hilang.

Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah cita-cita atau dambaan banyak orang termasuk sahabat karir semua. Banyak sekali orang mendaftar setiap ada penerimaan untuk menjadi Abdi Negara ini. Hampir tiap tahun ada penerimaan PNS. Ya walaupun pernah diberlakukan sistem moratorium PNS dengan alasan sudah terlalu banyak Kuotanya. Itu mah di Kota nya, kalau di daerah pelosok ya masih sepi.

Kebanyakan orang ingin menjadi PNS ialah karena bakalan dapet Pensiunan. Kerjaan yang gak terlalu banyak seperti karyawan Swasta atau BUMN. Selain itu juga itu menjadi PNS gak akan khawatir soal PHK. Ada juga dia dengan idealisme tinggi untuk menjadi PNS ialah menjadi Pelayan Masayarakat atau untuk mengabdi pada Negara.:D tapi prosentase nya sedikit sekali orang macam ini.
CAT BKN
Sisi negatif dari tes CPNS sistem CAT BKN ini kalau ada orang gaptek atau jaringan internet kurang baik, mereka bakalan kesusahan untuk melakukan pendaftaran dan menjalani test. Karena kebanyakan semuanya menggunakan komputer. Tapi tenang kami akan membantu teman semua dalam mempersiapkan hal apa saja ketika test CPNS sistem CAT BKN, berikut penjelesannya

Persiapan Tes CPNS Sistem CAT BKN

sistem CAT BKN

Persiapkan Semua Persyaratan

Hampir semua instansi saat penerimaan Test CPNS sistem CAT BKN dalam melakukan registrasi menggunakan sistem komputer dengan mengirim scan an semua berkas-berkas yang menjadi persyaratan seperti ijasah dan transkrip nilai, pas foto terbaru, ktp, skck dan persyaratan lainnya. Persyaratan di setiap Instansi ada yang berbeda, maka dari itu cermati terlebih dahulu apa yang menjadi persyaratannya ya. Setelah berkas semua selesai di scan, tahap selanjutnya ialah mebuat alamat email jika sahabat karir belum punya email. Usahakan alamat emailnya disesuai in dengan nama sahabat karir sendiri ya. Jangan yang alay..:D. Setelah itu baru periksa jaringan internet, modem , laptop, kalau belum punya ya cari warnet yang koneksinya cepat.
test PNS sistem CAT

Pelajari Materi Soal Test Yang Diujikan

Tes CPNS sistem CAT BKN ini pada dasarnya hanya terdiri dari Tes Potensi Akademik (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD terdiri dari 3 bab yaitu Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Test Kepribadian (TKP). Kesemuanya ini jumlah soal terdiri dari 100 soal. Cara menjawabnya pun Cuma tinggal klik saja. Namun setiap sub bagian TKD ini punya passing grade atau nilai ambang batas, jadi setiap bagian harus lolos Passing grade dulu sebelum bersaing dengan peserta tes lainnya. Untuk contoh soal TKD saya akan bahas di materi selanjutnya.
Selanjunya ada juga Tes Kompetensi Bidang. Didalam TKB ini terdiri dari soal-soal sesuai bidangnya. Ada yang bidang hukum, ekomomi, teknik, IT, dll. Semuanya terdiri dari 100 soal juga. Dalam sistem CAT ini tidak ada pengurangan nilai. Jadi saran saya jawablah semua pertanyaan. Ya walaupun ada juga yang gak bisa . pokoknya jawab saja siapa tau betul jawabannya.
Selain TKD dan TKB ada instansi yang menerapkan psikotes, wawancara , dan test kesehatan. Banyak juga ya. Hehe . ya itu merupakan hak prerogratif setiap instansi dalam menyeleksi pegawai. Buat peserta mah yag penting ngikutin aja alurnya.

Berdoa Dan Minta Restu Orang Tua

test PNS sistem CAT BKN
Setelah semua diatas dilakukan, langkah yang gak kalah penting sebelum test PNS sistem CAT BKN ialah berdoa serta minta doa Orang Tua. Hal ini menjadi kekuatan spirit tersendiri, bagi yang mempercayainya sih. Doa orang Tua apalagi Doa Ibu itu sangat manjur.
Terakhir tinggal liat pengumuman dan mendaftar saja lewat situs BKN atau situs Web Instansi yang ingin didaftar. Itu tadi tips dari penulis mengenai persiapan ikut tes PNS sistem CAT BKN. Semoga artikel ini bisa membantu sahabat karir semua dalam meraih cita-cita menjadi abdi negara. Jika sahabat karir sedang mencari tips psikotest, an lainnya silahkan kunjungi disini.
Salam.

0 I like it
1 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.