Apa saja Pertanyaan saat Test Wawancara Kerja PPS BRI (UMUM) ? Temukan Di Sini

tahapan tes pps BRI

Halo sahabat karir. Apakah sahabat semua tertarik bekerja di Bank, khususnya Bank Rakyat Indonesia (BRI). Ya banyak orang-orang yang menginginkan bekerja di Bank BRI. Alasannya bermacam-macam. BRI merupakan salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, dengan jaringan terluas dan jumlah nasabah terbesar di Indonesia. Tidak heran banyak para jobseeker yang ingin menjadi pegawai BRI, termasuk saya. Dengan bermodalkan latar belakang pendidikan di bidang hukum, saya melamar pekerjaan di BRI untuk posisi PPS BRI (Umum). PPS BRI merupakan program pengembangan staff, yang mencari calon pimpinan yang handal, profesional, dan berjiwa tangguh. Program ini dimaksudkan untuk mencetak kader-kader pemimpin perusahaan dimasa depan yang mampu menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif.
PPS merupakan entry level tertinggi Perusahaan bagi para fresh graduate yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta ternama, kandidat akan melalui beberapa tahap seleksi dan bagi kandidat yang telah dinyatakan lulus semua tahap seleksi akan memperoleh pendidikan, pelatihan, dan pengalaman yang lengkap sebagai pekerja perbankan. Selama kira-kira 1 tahun, peserta PPS akan memperoleh pendidikan dan pelatihan dalam rangka mengembangkan kader-kader pemimpin Bank BRI dimasa depan. Disini saya akan berbagi pengalaman kepada sahabat karir semua mengenai test PPS BRI.

Tahapan Test PPS BRI

tahapan tes pps BRI
PPS BRI terdiri dari beberapa tahapan test, antara lain seleksi administrasi, wawancara awal, test psikotes, wawancara psikolog, tes kemampuan bahasa Inggris, wawancara user dan test kesehatan. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya test wawancara kerja di Bank BRI (PPS Umum). Tips untuk menghadapi test wawancara adalah bersikap tegas, tenang, dan mempertahankan jawaban. Waktu itu saya mendaftar di lokasi test yogyakarta. Setelah melalui berbagai tahapan test, Alhamdulillah saya lolos sampai tahap wawancara user. Sebelum menghadapi wawancara user, terlebih dahulu disiapkan matang-matang. Sebelumnya makan dan istirahat yang cukup, berpakaian rapi dan sopan, hati tenang, dan berdoa.

Pada tahap wawancara user ini, dibagi di beberapa ruangan. Dan waktu itu, aku diwawancarai oleh dua orang user sekaligus, bapak-bapak gitu yang satu keliatan galak, satunya keliatan ramah, hehehe. Saat wawancara awal, saya terlebih dahulu dipersilahkan untuk perkenalan. Pada saat perkenalan, langsung aja to the point, ga usah berbelit-belit. Yang penting perkenalkan nama, latar belakang pendidikan, prestasi, pengalaman kerja (jika sudah ada, atau magang juga bisa diberikan), pengalaman organisasi, serta kelebihan. Setelah perkenalan selesai, dua user mulai memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk menggali kemampuan calon pegawai dan bagaiman kesiapan calon pegawai memasuki dunia kerja.
pps BRI

Apa saja Pertanyaan saat Test Wawancara Kerja PPS BRI (UMUM) ?

Berikut point-point pertanyaan yang diberikan pewawancara (user) kepada saya, antara lain adalah :
1. Apa yang anda ketahui tentang BRI?
2. Mengapa anda melamar di BRI?
3. Apa yang anda ketahui tentang perbankan?
4. Mengapa anda melamar untuk posisi PPS Umum?
5. Kontribusi apa yang anda berikan jika diterima PPS Umum BRI?
6. Bagaimana anda menggambarkan diri anda?
7. Apa yang memotivasi diri anda?
8. Latar belakang anda di bidang hukum, apa korelasi antara bidang hukum dan bekerja di bidang perbankan?
9. Dalam bekerja di bidang perbankan, ada pekerjaan yang membutuhkan suatu perjanjian, apa saja syarat-syarat perjanjian itu?
10. Jika anda diterima PPS Umum BRI, posisi di bidang apa yang anda inginkan?
11. Bekerja di Bank, memerlukan target dan pressure yang tinggi, bagaimana anda menangani stres dan tekanan? Apakah anda siap bekerja di bawah tekanan?
12. Apa isu perbankan yang anda ketahui sekarang ini?
13. Apa isu perekonomian yang anda ketahui sekarang ini?
14. Apakah anda siap ditempatkan di seluruh Indonesia?
Saat itu wawancara berlangsung kira-kira selama 30 menit. Yang penting dalam tahap test wawancara ini, berkata jujur, bersikap tenang, dan dapat mempertahankan argumentasi yang kita berikan. Untuk persiapan test Wawancara bisa diliat di artikel saya sebelumnya. Mungkin cukup ini saja pengalaman test wawancara PPS BRI yang dapat saya bagikan ke sahabat karir semua. Semoga bermanfaat dan dapat jadi gambaran buat teman-teman yang sedng akan menjalani tes wawancara PPS BRI. Semoga lolos ya..good luck

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.