Anda akan menghadapi tes wawancara kerja? Simak yang harus diperhatikan sebelum dan saat wawancara kerja

persiapan wawancara kerja

Zaman modern ini, jika akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan pasti akan melewati proses wawancara kerja. Wawancara kerja menjadi hal yang paling penting dalam proses rekrutmen kerja, karena pada tahap ini akan digali seberapa besar kemampuan dan keterampilan calon karyawan yang dapat dinilai dari sikap dan jawaban saat wawancara berlangsung.
Ya, wawancara kerja sudah menjadi langganan dalam menghadapi tes penerimaan pegawai atau karyawan. Dengan sistem ini penerima kerja dapat menentukan cocok tidak pelamar untuk menempati posisi yang dilamar. Kegagalan dalam wawancara sering terjadi disebabkan karena kurangnya persiapan sebelum maupun saat wawancara kerja. Serta perilaku yang kurang baik juga sangat berpengaruh dalam tahapan ini

Persiapan Sebelum dan Saat Wawancara Kerja

persiapan wawancara kerja
Saat ini sahabat karir baru saja lulus dan sedang mencari kerja, dan akan menghadapi tes wawancara kerja? Sebaiknya Anda harus persiapkan terlebih dahulu matang-matang dan simak apa saja yang harus diperhatikan sebelum dan saat wawancara kerja berikut ini :

Persiapan Sebelum Wawancara

sebelum wawancara kerja
Sahabat karir mendapat kabar dari perusahaan yang Anda lamar untuk mengikuti jadwal wawancara yang telah ditentukan? Tenang, jangan khawatir! Langkah pertama setelah Anda mendapat jadwal wawancara tersebut adalah melakukan persiapan sebaik mungkin. Berikut hal yang harus disiapkan :

• Siapkan benda-benda yang wajib dibawa saat wawancara kerja, antara lain catatan nomor telepon perusahaan, surat referensi, cv (curriculum vitae), notes, dan alat tulis.
• Pelajari transportasi menuju lokasi wawancara kerja. Lebih baik jika sehari sebelumnya, sahabat karir sudah mengetahui dan survey ke lokasi wawancara.
• Siapkan pakaian sahabat karir yang sopan dan rapi.
• Latihan Akhir. Luangkan waktu malam sebelum wawancara sahabat karir untuk berlatih di depan cermin. Berbicara dan jawablah pertanyaan yang Anda berpikir Anda akan diminta untuk menjawabnya. Perhatikan suara dan bahasa tubuh Anda, dan pastikan Anda melakukan kontak mata. Sahabat karir juga bisa meminta bantuan orang tua atau teman untuk latihan wawancara dan mereka akan menilainya.
• Datanglah ke lokasi wawancara 30 menit lebih awal

Perkenalan

Saat Wawancara Kerja
• Saat sahabat karir sudah dipanggil untuk memasuki ruangan wawancara kerja, hal yang perlu dilakukan yaitu berdiri dan melangkah maju dengan sikap dan posisi yang benar sewaktu memperkenalkan diri kepada pewawancara. Dan jangan lupa untuk menjabat tangannya.
• Sewaktu Anda memperkenalkan diri, pandangan mata harus tepat ke arah mata pewawancara. Jika Anda sudah mengetahui nama pewawancara, sebaiknya Anda menyapanya dengan menggunakan nama pewawancara.
• Bersikaplah dengan sopan. Jika pihak pewawancara menyapa Anda dengan kalimat “senang bertemu dengan Anda”, responlah dalam bentuk komentar pada pewawancara, misalnya dengan mengatakan, “Terima kasih. Saya juga senang bertemu Anda”.

Wawancara

wawancara kerja
• Ketika sudah masuk ke dalam ruangan, jangan duduk sampai pewawancara Anda mempersilahkan untuk duduk.
• Perhatikan bahasa tubuh dari pewawancara sahabat karir. Jika pewawancara tampak terganggu atau gelisah, coba ringankan suasana dengan menceritakan sebuah cerita menarik namun relevan tentang kualifikasi Anda.
• Jangan pernah menginterupsi pewawancara. Sebaiknya sahabat karir tunggu samapai pewawancara menyelesaikan kalimat atau pertanyaannya terlebih dahulu, setelah itu baru Anda meresponnya. Jika Anda tidak mengerti pertanyaan atau pernyataan yang diberikan, mintalah pewawancara untuk menjelaskan atau mengulanginya kembali. Sahabat karir juga boleh bertanya kepada pewawancara jika ada yang perlu ditanyakan.
• Pertahankan dan yakinlah terhadap jawaban sahabat karir. Jika pewawancara membantai Anda dengan berbagai argumen untuk membuat Anda panik dan ragu terhadap jawaban Anda, tetaplah tenang. Jangan perlihatkan bahasa tubuh yang grogi. Tetap pertahankan jawaban sahabat karir dengan argumen-argumen yang lebih meyakinkan. Biasanya pewawancara melakukan hal tersebut untuk menguji mental dan menilai bagaimana konsisten jawaban dari calon karyawan.

Cukup sekian tips mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat wawancara kerja berlangsung. Semoga bermanfaat bagi sahabat karir semua. jika sahabat karir ingin mencari informasi tentang wawancara kerja, tips psikotes dan tips kerja lainnya silahkan kunjungi di halaman ini Semangat dan sukses selalu.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.