8 Tips Public Speaking yang Harus di Ketahui !

tips public speaking yang harus diketahui

tips public speaking yang harus diketahui
Tidak dipungkiri lagi, saat ini, ketrampilan public speaking atau berbicara di depan umum merupakan salah satu ketrampilan yang hukumnya wajib dimiliki siapapun. Public speaking merupakan komunikasi dua arah, yaitu antara pewawancara dan audiens sehingga ketrampilan public speaking akan dikatakan baik dan berhasil berhasil apabila audiens dapat menangkap ide-ide yang kita sampaikan dengan baik.

Public speaking memang bisa di bilang gampang-gampang susah. Untuk itu, saat kita diharuskan untuk berbicara didepan umum, kita harus bisa mempersiapkannya dengan baik. Jangan sampai apa yang kita sampaikan berakhir sia-sia karena ternyata audiens nggak bisa menangkap apa yang kita bicarakan. Nggak mau kan hal itu terjadi pada sahabat karir semuanya? Kamu harus baca artikel ini nih! Berikut ini 8 tips public speaking yang harus diketahui.

8 Tips Public Speaking yang Harus di Ketahui

public speaking

Berikut ini 8 tips public speaking yang harus diketahui:

Having right attention (Niat yang benar)

8 tips public speaking
Hal pertama yang harus dimiliki adalah niat! Bukan hanya niat, tapi niat yang benar. Pembicara public yang hebat tidak berbicara hanya semata mengejar materi. Mereka berbicara karena ingin sharing ilmu atau pengalaman yang bermanfaat kepada audiens. Meluruskan niat seperti ini merupakan salah satu cara sederhana utuk menagatasi demam panggung/grogi saat harus berbicara didepan orang banyak. dengan tujuan untuk membantu orang banyak akan memudahkan kita untuk melakukannya.

Understanding audience (Memahami audiens)

tips public speaking
Sebelum mulai berbicara, kita harus mengenali dulu siapa audiens kita. Jangan sampai apa yang kita sampaikan nanti akhirnya tidak tepat sasaran. Kita mesti tahu preferensi usia mereka, tingkat pendidikan, proporsi laki-laki dan perempuan, hingga minat atau interest mereka. Sehingga kita bisa menentukan cara penyampaian yang bisa diterima berdasarkan preferensi tersebut.

Chit-chat with your audiences (Bergurau dengan audiens)

8 tips public speaking yang harus diketahui
Jika kamu masih merasa grogi pada detik-detik sebelum naik panggung,maka cobalah untuk chit-chat dengan audience sebelum naik panggung. Hal ini berguna untuk membiasakan diri kita banyak berbicara dan menghangatkan pita suara agar kita bisa tampil maksimal ketika sudah berada di panggung.

Be sure you are a master (Yakinlah kamu seorang pakar)

Percaya diri sangat dibutuhkan dalam public speaking. Banyak pembicara gagal berbicara di depan public dengan baik karena mereka tidak percaya diri atas apa yang mereka sampaikan. Maka dari itu rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam public speaking. Yaa meskipun kamu kurang yakin dengan apa yang kamu sampaikan tetapi tetaplah terlihat percaya diri karena kamu dianggap sebagai pakar.

Rehearse before doing (Berlatihlah)

8 tips speaking
Berlatih memang selalu jadi hal penting sebelum melakukan sesuatu, termasuk public speaking. Dengan berlatih, penguasaan materi akan lebih baik dan juga rasa percaya diri akan bertambah. Jadi Berlatihlah! Gimana caranya? Bisa berlatih didepan kaca biar kamu bisa menilai dirimu sendiri atau juga bisa berlatih dihadapan temanmu sehingga temanmu bisa menilai gimana dirimu. Kedua hal tersebut cukup membantu lho.

Visualize success (Memberi visualisasi kesuksesan)

Memvisualisasikan (membayangkan) bahwa kita akan berhasil menyampaikan presentasi di depan umum ternyata bisa membantu kita untuk lebih percaya diri dan mengurangi rasa grogi.

Interact with your audience (Berinteraksi dengan audiens)

Berinteraksi lah dengan audiens! Berinteraksi dengan audiens akan menghindarkan audiens dari rasa bosan, terlebih lagi jika presentasi yang kamu lakukan menghabiskan waktu yang lumayan lama. Ajaklah audiens untuk terlibat dalam presentasi Anda. Sesekali berikan pertanyaan kepada audiens, sedikit lelucon juga dapat mencairkan suasana lho.

Smile, greet, praise (Senyum, sapa, sanjung)

8 tips public speaking harus diketahui
Nah, walaupun sepele, ternyata cara ini adalah yang paling penting dalam public speaking. Berikan kesan awal yang baik dengan memberikan senyum, sapa, dan sanjung. Hal ini akan membuat audiens merasa dihormati dan dihargai. Dengan begitu, audiens juga akan menghormati dan menghargai kita sebagai pembicara.

Itu tadi 8 Tips Public Speaking yang Harus di Ketahui. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya. Untuk tips seputar wawancara kerja lainnya, silahkan kunjungi disini.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.